LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

ZERO WASTE TRIP LABUAN BAJO – PASUKAN CLBK JOURNESIA X TEMAN RAKYAT

journesia

by : journesia

On February 9th, 2019

ZERO WASTE TRIP LABUAN BAJO – PASUKAN CLBK JOURNESIA X TEMAN RAKYAT

Isu sampah memang kerap menjadi isu yang selalu hangat untuk dibicarakan. Prestasi Indonesia menjadi salah satu kontributor sampah plastik terbesar kedua di dunia seharusnya cukup menjadi tamparan bagi kita untuk mengevaluasi ulang pola konsumsi dan pengelolaan sampah kita, baik dari skala pribadi hingga negara. Lalu, langkah apa sajakah yang bisa diambil untuk mengerem laju sampah ini?

Dalam skala terkecil, zero waste lifestyle kini sering dimunculkan sebagai solusi. Apakah zero waste lifestyle ini? Zero waste lifestyle adalah gaya hidup yang mengedepankan prinsip-prinsip ramah lingkungan yang mengatur produksi dan pengelolaan sampah hingga menuju nol. Apa mungkin kita hidup zero waste? Tentu tidak. Semenjak lahir, kita sudah memiliki jejak karbon. Namun upaya untuk meminimalisir produksi sampah lah yang diusung sehingga jejak karbon kita bisa dibuat seminim mungkin hingga mendekati nol.

We have to shift our way of life to a more sustainable and responsible living. We don’t only live in the here-and-now, but we must also secure the future for the next generation. It should all start now, and it starts with you.

Ilham,
Co-Founder of Journesia

Lalu bagaimanakah penerapan zero waste ini? Tantangan yang terbesar adalah mengubah pola pikir dan kebiasaan. Bahwa permasalahan sampah di Indonesia sudah bersifat struktural menjadikan penyelesaian masalah ini lebih sulit. Namun, tidak berarti tidak mungkin.

Journesia dan Teman Rakyat mencoba membangun geliat kesadaran dengan mengadakan kontes foto sampah bertajuk ‘Pasukan CLBK’ – cinta lingkungan bersih dan kinclong. Membaca tingginya animo pengguna sosial media di Indonesia, terutama di kalangan millennial, kontes foto #PasukanCLBK diadakan di platform Instagram selama dua bulan. Dari sekitar 2700 submission yang masuk, terpilih 5 pemenang yang berhak pergi bersama tim Journesia, Teman Rakyat dan Miss Earth Indonesia ke Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur, untuk melakukan aksi nyata pengumpulan sampah di kawasan tersebut. Selama enam hari, pasukan CLBK mengunjungi sejumlah tempat termasuk di antaranya Cunca Wulang, Goa Rangko, dan Taman Nasional Komodo.

To inspire and move people to do something for good cause, you have to live the word and be the example.

Ratu Vashti,
Miss Earth Indonesia 2018

Meskipun demikian, permasalahan tidak selesai dengan aksi beach cleanup karena sampah akan terus berdatangan selama hulu permasalahannya tidak diselesaikan. Kami masih mendapati bahwa masyarakat berpikir sungai dan/atau laut merupakan tempat pembuangan dan pemerintah akan bekerja untuk membersihkan permasalahan tersebut. Namun faktanya tidak demikian. Jutaan ton sampah, terutama sampah plastik, yang masuk ke lautan kita tidak pernah terselesaikan. Volume malah kian bertambah per tahunnya hingga berujung pada kondisi darurat plastik yang mendapat sorotan dan kritik tajam dari dunia internasional. Diperlukan kerja sama dari setiap elemen masyarakat hingga ke unit terkecil individu guna terjadinya perubahan yang signifikan. Sosialisasi harus didorong secara besar-besaran, percakapan antara pemerintah dan industri harus kembali dibuka untuk menentukan solusi baru produk plastik sekali pakai beserta pembentukan dan penerapan regulasi baru terkait sampah industri dan pengelolaannya.

Pasukan CLBK adalah bentuk komitmen kami sebagai anak bangsa untuk turut membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan masalah sampah plastik. Ini adalah langkah awal kami dan akan berlanjut hingga seterusnya. Bersama, kami percaya perubahan dapat terwujud.

0 Comments

Be the first to comment.