LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

Yuk Bertandang Ke Goa Tanding!

marsh

On

Eh kalian bosen gak sih kalau berwisata tapi cuman liat-liat doang tanpa ada sesuatu yang bisa dilakuin selain photo? Kalau aku sih iya. Nah Yogyakarta emang gak ada habisnya kalau soal tempat wisata, di salah satu daya tarik wisata terbaru di Yogyakarta ada tempat yang tidak hanya memenuhi hasrat selfie kita, tapi juga bisa memenuhi hasrat petualang kita, Goa Tanding namanya!

Apa itu Goa Tanding?

Goa Tanding merupakan destinasi wisata baru yang tepat berada di dekat Goa Pindul, Gunungkidul. Saat menyusuri Goa Tanding kita akan disuguhkan dengan berbagai stalaktit dan stalakmit di sepanjang goa. Nyatanya Goa Tanding dan Goa Pindul masih berada dalam satu aliran sungai lho, perbedaan Goa Pindul dengan Goa Tanding ialah saat kita menyusuri goa, Goa Pindul menggunakan ban karet (perorangan) dan Goa Tanding menggunakan perahu karet (Kelompok). Untuk di Goa Tanding, satu karet diisi dengan 6 orang wisatawan dan didampingi satu atau dua orang pemandu. Penyusuran goa dengan lebar 4 hingga 8 meter dan tinggi 4 sampai 11 meter ini berlangsung selama kurang lebih 90 menit, sayangnya Goa Tanding tidak memiliki ujung tembus, sehingga wisatawan harus mengulang jalur yang sama untuk keluar dari goa tersebut. Hal unik lain yang ada di goa ini adalah saat wisatawan berada di zona tiga atau zona terang abadi, para guide akan mematikan senter mereka dan kemudian mengajak wisatawan untuk menutup mata dan merenung sejenak unuk merasakan apa yang saudara-saudara kita yang kurang beruntung karna tidak bisa melihat.

Eh apakah nama “Tanding” ini dimaksudkan untuk menandingi Goa Pindul yang lebih dahulu terkenal?

Tidak, ternyata dinamakan Goa Tanding adalah karena salah seorang warga masyarakat Bejiharjo bernama Harto Tanding ingin membuat sumur, tetapi ia malah menembus rongga perut bumi dan akhirnya menemukan goa. Awalnya untuk menuju Goa Tanding ini hanya bisa diakses melalui sumur pak Harto lho, namun sekarang sudah ada akses yang lebih mudah untuk menyusuri kedalamnya.

Lalu bagaimana kita bisa sampai ke Goa Tanding?

Goa Tanding ini terletak di dusun Gelaran II, desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Titik Koordinat GPS Goa Tanding -7.933892,110.651536.

Tempat wisata yang baik ialah harus pula memiliki aksebilitas yang baik yang dapat memudahkan wisatawan. Goa Tanding sendiri dirasa sudah memiliki akses yang mudah. Sebenarnya ini terbantu karena Goa Pindul telah banyak memiliki petunjuk jalan dan lebih dulu terkenal, sehingga wisatawan tinggal megikuti arah jalan ke Goa Pindul untuk sampai di Goa Tanding. Insfratuktur jalannya pun dirasa sudah cukup baik, hanya saja tidak tersedia transportasi umum yang memalui jalur tersebut. Namun ini menjadi salah satu keuntungan agar Goa Tanding terhindar dari mass tourism.

Masih bingung juga dengancara ke Goa Tanding?

Baiklah, jika kita belum tahu arah ke Goa Pindul, berikut ini rute yang dirasa paling efektif untuk menuju Goa Tanding:Yogyakarta > Jl.wonosari (Ringroad Ketandan) > Wiyoro > Piyungan > Patuk.bukit bintang > Perempatan Radio Gcd lurus > Sambi Pitu > Hutan Bunder > Perempatan Gading sebelum sampai Langan Udara (belok ke kiri ikuti jalur menuju Goa Pindul) > Ngijo Rejo > Baju harjo > Goa Pindul (ketimur sedikit lagi ) > Goa Tanding.

Berapa kocek yang harus dikelurkan untuk berwisata di Goa Tanding?

Nah ini yang paling penting, tiket berwisata di Goa Tanding adalah sebesar Rp.150.000 untuk wisatawan lokal dan Rp.200.000 untuk wisatawan mancanegara. Ditambah dengan biaya retribusi masuk kawasan wisata alam Goa Tanding : Rp.10000.

Dengan harga itu wisatawan sudah bisa menikmati susur goa, terapi ikan, makan satu kali. Cukup murah bukan?

Dimana kita bisa mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Goa Tanding?

Berikut kontak resmi dari Goa Tanding :

1. Website : www.goatanding.co.id & www.goatanding.com

2. Facebook : Goa Tanding Yogyakarta

3. Instagram : @goatanding

4. Twitter : @goatanding

5. Email : goatandingyogyakarta@gmail.com

Itulah sedikit ulasan tentang Goa Tanding, bagi kalian yang sedikit bosan dengan keramaian di Goa Pindul, Goa Tanding adalah jawabannya. Karna daya tarik wisata ini terbilang baru, maka tentu saja pengunjung yang datang masih sedikit, sehingga ini adalah kesempatan kalian untuk mengeksplor tentang Goa tanding. Yang lebih menarik lagi, Goa Tanding adalah salah satu objek yang instagramable banget pokoknya, kita bisa puas berphoto tanpa banyak orang berseliweran. Bagaimana cukup menarik bukan? 

PS : Ini Ts pas masuk kesini free lho

PSPS : Maaf photonya itu doang, karna photo lainya kehapus :(

PSPSPS : padahal gak ada yg peduli pun :D



0 Comments

Be the first to comment.