LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

Weekend Gateway at WediOmbo Beach

anggariezky

On

People ask me all the time which Yogyakarta Beach is best for taking some landscape picture. And while my answer is always the same -- they are all great and it just depends what you are looking for -

But surely, i always want to recomend you some of beaches in Gunungkidul. I think there's a lot of great and beautiful beaches that you can enjoy with family or friends.

Salah satu pantai yang bisa saya rekomendasikan ke kalian mungkin Pantai Wediombo. Lokasinya masih sederetan dengan pantai-pantai populer lain di Gunungkidul. Beberapa hal yang membedakan dengan pantai populer lain ( a.k.a Pantai Baron, Krakal, Sunda, Kukup) yaitu pantai ini masih tergolong pantai yang baru dirintis. So, kamu masih bisa main sepuasnya, berfoto sesuka hati tanpa terganggu foto kamu 'bocor' karna wisatawan di pantai ini belum terlalu banyak. 

Here you'll find some of the traditional fishing methode, impossibly beautiful beaches, and relatively easy hiking trails through the hill around beach.

Facts About Wedi Ombo Beach!

Banyak hal yang bisa kamu dapati di pantai ini dibandingkan beberapa pantai lain. Menariknya lagi hal itu yang membuat WediOmbo tidak kalah outstanding dengan pantai lainya di Gunungkidul :

1. Hamparan pasir putih cukup luas. Walau tidak seluas pantai Glagah atau parangtritis. Menurutku pantai ini cukup menarik. Dengan hanya menyuguhkan pantai pasir putih membuat pantai ini terkesan mewah.

2. Banyak nelayan yang memancing di bukit karang sekitar pantai Wediombo. JAngan heran ketika kamu hiking di bukit sekitar pantai. Kamu bakal sering mendapati nelayan yang sedang memancing diatas bukit. Menariknya, ikan yang mereka pancing bukan hanya ikan-ikan kecil, melainkan ikan  Panjo yang terglong ikan yang cukup besar.

3. Sering digunakan untu surfing. Nah, bagi kamu yang hobi surfing atau lagi belajar. Nggak perlu jauh-jauh ke Bali. Menurutku di sana ombaknya cukup dahsyat buat pemula. 

4. Sebagian Pantai WediOmbo beralaskan karang/Batu-batu besar. Sisi bagian kiri pantai ini di tuupi dengan karang dan batuan besar. PAling asik buat para pemburu landscape buat take foto dilokasi ini.

5. Fasilitas 'Nyaman'. Iya, emang enggak sebagus pantai lain sih untuk fasilitas. Namun bisa dibilang cukup lengkap (warung makan, tempat ibadah, lelang ikan, toilet, parkir dan fasilitas lainnya cukup)


Lokasi WediOmbo Cukup Unik

Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini sangat mudah dijangkau bila sebelumnya telah datang ke Pantai Siung. Cukup kembali ke pertigaan di Tepus sebelum menuju ke Siung, kemudian belok kanan mengikuti alur jalan hingga menemukan papan petunjuk belok ke kanan untuk menuju Wediombo.

Letak pantai ini jauh lebih ke bawah dibanding daratan sekitarnya. Beberapa puluh anak tangga mesti dituruni dulu sebelum dapat menjangkau pantai dan menikmati keelokan panoramanya. Sambil turun, di kanan kiri dapat dilihat beberapa ladang penduduk setempat, rumah-rumah tinggal dan vegetasi mangrove yang masih tersisa. Lalu lalang penduduk yang membawa rerumputan atau merawat ternak di kandang juga bisa dijumpai.

Traditional Fishing Ceremony : Ngalangi

It's a kind of fishing ceremony. In this ceremony, people use gawar, made from wawar tree's root as a net. The wawar tree's root is staked from Kedungdowok hill and pulled together into the sea by wediombo people. 

Upacaranya cukup menarik (sayang nggak sempet dokumentasiin). Acaranya setahun sekali, semacam 'syukuran' (upacara tahunan dari warga Gunungkidul, biasanya upacara dilakukan setahun sekali dengan tiap kecamatan memiliki waktu yang berbeda-beda namun tujuannya satu yaitu untuk mengucapkan syukur atas panen tahun tersebut dengan berbagi rejeki/makan-makan dengan penduduk sekitar).

FYI

Dari Jogja usahakan berangkat pagi ( jam 07.00-08.00WIB), bukan karna macet cuma karna perjalanan cukup jauh (2jam lebih) maka saat sampai dilokasi kamu cuma kebagian visit ke beberapa pantai aja (biasanya 3-4 pantai)

Kalau kamu ada rencana ke pantai ini, saya sarankan untuk mampir ke beberapa pantai di sekitarnya seperti Pantai Gremeng, Jungwok dan Pulau Kalong (a small island inhibited by thousands of kalong). So, jangan lupa siapkan amunisi liburanmu ya, khususnya sunblock karna pantai di Gunungkidul cukup buat membakar kulitmu. 

Overall, Lets have Fun and Happy Traveling guys.

More Photos Check My Instagram : @anggariezky



2 Comments