LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

Vesak Day at Borobudur

anggariezky

On

As an expression of the true essence of Buddhism, the Vesak Festival is a beautiful display of Spirituality, faith, and culture. Highlighted by enchanting tranquility and deep spirituality, the Vesak ritual ceremony is certainly an amazing festival worth observing.

Ribuan microcosmos menyerubungi tempat sakral ini. Berbondong-bondong mengatupkan tangan bersamaan dengan Budha yang dengan khitmatnya membacakan doa di tenda altar.

Diselimuti ribuan bintang, sembarut cahaya bulan yang menghempas lewat sela-sela pohon dan gundukan batu candi menjadikan malam itu begitu sakral untuk sekedar dinikmati lewat mata ini.

Katupan mata, bisikan lewat bibir dan khitmatnya hati para budha malam itu menyampaikan doa keselamatan bagi umat, keharmonisan dan kedamaian dunia. Ya, prosesi the holy Vesak Festival di Borobudur ini tak akan pernah luntur dari tradisi ritual keagamaan bagi umat Budha.

Malam itu (2/6/15), Ribuan lampion raksasa (sekitar 1.200 lampion) diterbangkan mengiringi rangkaian perayaan Hari Raya Waisak 2559. Layaknya bintang, ribuan lampion yang diterbangkan perlahan menerangi langit jogja, memberikan pesona kedamaian bagi penikmatnya. Selayaknya tujuan penerbangan lampion di hari waisak ini.

Tiap tahunnya, moment pelepasan lampion ini memang sudah menjadi moment yang ditunggu masyarakat. Namun, ada hal yang harus kalian ketahui dalam upacar moment ini, bahwa setiap prosesinya adalah upacara keagamaan bagi umat Budha sehingga walaupun agenda ini dibuka untuk umum, tetap usahakan untuk menghormati upacara keagamaan ini.

Agenda ini diadakan tepatnya di Malang, sekitar 1-1,5 jam berkendara dari Yogyakarta. Namun jangan berharap buat kalian yang berangkat sore hari dapat memasuki kompleks Candi Borobudur karna jalan di lokasi tersebut pasti sudah dipenuhi oleh warga dan wisatawan. Saran saya, usahakan berangkat hari sebelumnya atau pagi hari smabil mengunjungi lokasi lain sebelum prosesi dimulai.

Saran saya, karna dalam hari tersebut akan dilakukan 5 prosesi upacara Waisak. Pelajari betul prosesinya, karna selain moment pelepasan lampion, prosesi lain menurutku lebih menarik untuk disaksikan karna banyak nuansa keagamaan dan tradisi yang akan kamu lihat (tentu tetap menjaga agar tidak mengganggu prosesi).

Jangan pernah kamu datang kelokasi tanpa membawa bekal. Usahakan bawa backpack yang berisi cukup bekal (usahakan sarapan, bawa bekal dan air mineral) karena apabila kamu sudah sampai dilokasi, saya pastikan kamu akan susah untuk menemukan penjual makanan karna banyaknya kerumunan orang.

Prosesi ini memang menarik, mengabadikan moment melalui lensa adalah hal yang memuaskan hati namun jangan sampai melupakan prosesi. Pastikan kita tidak menghalangi akses masuk maupun keluar lokasi ritual yang akan dilalui oleh rombongan biksu dan umat yang akan beribadah. Posisikan diri kita sebagai umat yang sedang beribadah.

More Photos Check My Instagram : @anggariezky



3 Comments

  • Martin - 2 years ago
    good story, sayangnya pelaksanaan tahun 2015 ini berbeda dengan 2 tahun lalu, hanya umat yang bisa masuk ke Zona 1 pelataran Candi borobudur dan untuk umum hanya bisa sampai gerbang sebelum tangga naik. beruntung sekali mas angga bisa masuk sampai pelataran. Karena situasi saat itu tidak nyaman untuk mengikuti prosesi, saya pulang duluan sebelum acara lampion, huhu
  • elsprim - 2 years ago
    suka bgtttt hehe