LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

Top Five Perlengkapan Gn. Merbabu

king-domi

On

HALO....HALO....HALO......abang mpok. Hari ini kita bakal bahas perlengkapan apa aja yang harus lo bawa untuk mendaki Gunung Merbabu. Kadang  sebagai para pendaki pemula, kita kehilangan arah harus bawa apa aja untuk mendaki. Jujur gue juga ngalamin itu dulu. Akhirnya gue bawa tidur. hmm? bawa tidur? NGEK...! hahahaha....canda. Basically perlengkapan mendaki hampir sama aja, cuma memang kita harus mengenal karakter gunung yang akan kita daki dulu, baru lo bisa tahu perlu bawa apa aja untuk menghadapi medan pendakian.

Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.142MDPL, dan ini menjadikan Gunung Merbabu berada di posisi ke-9 gunung tertinggi di Pula Jawa. Posisi Gunung Merbabu, tidak begitu jauh dari Gunung Merapi, dan ini yang membuat Gunung Merbabu memiliki karakter tanah yang kering dan sedikit berdebu. Dengan ketinggian 3.142MPDL, Gunung Merbabu berpotensi untuk terjadi angin kencang bahkan badai. So.....lo harus pada hati-hati frenk kalo mau mendaki Merbabu. Salah salah posisi mendirikan tenda, terbang tenda lo pas lo summit. Bae'lah....langsung aja kita bahas benda-benda atau perlengkapan apa aja yang gak boleh lupa lo bawa untuk medaki Merbabu.

HAL atau BENDA PERTMA yang kudu banget lo bawa adalah sepatu gunung. Nah....kenapa harus sepatu gunung. Terutama kao lo tracking via jalur wekas. Hadeh....jangan harap lo bisa ketemu banyak bonus atau jalan datar. Dari basecamp wekas sampe ke pos 1, walaupun masih ada beberapa rumah warga, tapi terjalnya track udah langsung menyambut lo dan rombongan. Kalo lo nanjak gak carrier sih mungkin aman-aman aja lo tracking gak pake sepatu gunung. Tapi emang lo nanjak pada gak mau ngecamp? Pasti harapan semua pendaki pengen tenang menikmati indahnya panorama alam dari atas Merbabu. So....kalo kalian mau bisa dengan tenang menikmati pemandangan, pake sepatu gunung. Pake yang bener, jangan dilonggarin, jangan diinjek belakangnya, kaya anak sekolahan. Sepatu gunung ya bukan sepatu boots, lo mau naik gunung bukan mau konser.

HAL KEDUA yang perlu banget lo bawa, adalah air. Bawa air di botol, jangan di plastik. Kalo di plastik namanya es mambo. Gunung Merbabu dengan karakter iklimnya yang berdebu, pasti akan bikin pendaki cepat haus, ditambah dengan tracknya yang gak bisa dibilang santai. Mungkin kalo kalian via jalur selo, sesuai dengan namanya, sudut kemiringan tracknya ya woles, slow. Otomatis jarak tempuh jadi lebih panjang, bisa sampe 7 jam. Tapi jangan salah frenk, jalur selo gak ada mata air. Sedangkan kalo lo lewat jalur suwanting atau wekas, ada mata air, tapi tracknya...hmm....banyak track yang sudut kemiringannya bisa sampe 45 derajat, mungkin di titik tertentu bisa lebih dari 45 derajat. Dengan track seperti ini, otomatis air minum jadi bawaan wajib yang harus masuk carrier lo. Siapkan air minum masing-masing orang 3 botol gede lah. Kok banyak, ya iyalah orang jarak tempuh lo juga jauh kan. Lo jalan-jalan di mall aja 1 jam, abis air sebotol, apalagi naik gunung, gak ada AC, gak ada tempat duduk, gak ada senderan empuk. Satu hal perlu diingat, botol yang udah abis jangan lo buang gitu aje. Kan kita pecinta alam, jaga ya alamnya. Selain botol harus dibawa terus supaya gak nyampah di gunung, botol kosong itu masih bisa lo gunakan lagi. Nanti kalo ada mata air, isi ulang deh tuh botol. Ketika lo ngecamp juga botol itu akan banyak manfaatnya, bisa jadi wadah makan, gelas buat ngopi, bisa juga jadi asbak. Gimana caranya? hmm nanti kita bahas di artikel yang lain ya. 

Alright.....sak iki, kita masuk ke BENDA KETIGA yang wajib lo bawa untuk pendakian Merbabu. Beberapa gunung di Indonesia, ada warung di pos-pos tertentu, seperti Gunung Guntur di Garut. Tapi di Merbabu, aduh jangan harap deh lo ketemu warung di pos. Emang kita dituntut untuk mempersiapkan dengan matang perbekalan kita. Kita wajib bawa logistik yang cukup selama pendakian Gunung Merbabu. Apalagi dengan ketinggian di atas 3.000MPDL, rasa lapar dan haus lebih cepat berasa. Beberapa pendaki ingin cepat sampe camping ground, dan akhirnya memutuskan untuk gak break makan, so....gue sarankan lo bawa makanan ringan yang bisa dimakan sambil berjalan. Lo bisa bawa gula merah, coklat cair, susu kental sachet, atau madu sachet. Pada dasarnya bawa makanan yang bisa menurunkan kadar asam lambung kita. Hindari bawa snack yang cuma isi angin, krupuk gitu contohnya. Yah....penuh-penuhin tas doang, kenyang kaga.

Mengingat Merbabu berpontensi untuk terjadi angin badai, so BENDA KEEMPAT yang wajib jadi bawaan lo adalah jaket tebal. Bawa jaket yang emang untuk aktifitas outdoor. Kalo bisa jaket dengan bahan luar taslan sehingga bisa berfungsi untuk mengurangi volume angin dan air nembus ke kulit/badan. Bagian dalem jaket lo berbahan polar ya gak apa-apa. Jadi....lo jangan coba-coba cuma bawa sweater yang nantinya lo pake double-double, waterproof kaga, yang ada tas lo berat. Jangan lupa bawa stock pakaian dalam. Jangan sampe jaket lo udh pas, organ vital tubuh lo gak aman karena lo tidur pake celana basah keringet bekas tracking.

Sekarang kita masuk ke benda terakhir, BENDA KELIMA. Nah ini benda yang paling sering disepelein sama para pendaki, paling sering skip untuk dibawa, nanti sampe camping ground baru pada nanya. Jangan sampe ini kejadian sama rombongan lo ya, bor. Benda ini adalah trashbag. Ngerti apa itu trashbag? Tahu? Plastik hitam besar, yang biasa kita liat untuk naro sampah. Untuk apa plastik ini? Jadi kalo lo cape, lo bisa masuk trashbag, minta tolong temen lo tenteng. Ye gak? hahaha gak gak, becanda. Jadi trashbag ini berguna untuk menjadi alas bagian dalam carrier lo. Kenapa harus dialasin? Supya barang-barang bawaan lo gak kotor atau basah karena hujan. Emang sih kita prepare cover bag, tapi cover bag itu kan gak nutup carrier lo di bagian yang nempel sama punggung, jadi masih ada kemungkinan air akan ngerembes dari situ. Nah kalo sebelom lo masukin barang2 lo ke dalam carrier, lo lapisin trashbag, akan lebih tenang perjalanan lo, gak perlu lagi mikirin isian tas lo basah gak ya. Selain untuk menjadi lapisan dalam carrier, trashbag juga berfungsi sesuai dengan namanya, plastik sampah. Lo masukin deh semua sampah-sampah lo, dari mulai berangkat sampe lo turun lagi ke basecamp di dalam trashbag. Ini hal yang paling harus jadi perhatian para pendaki, guys. Tolong bener-bener jaga kebersihan Gunung kita. Kita gak mau kan, setahun atau dua tahun lagi naik ke Gunung Merbabu, udah banyak sampah berserakan. Kalo emang tuh trashbag ada yang lebih, lo pake buat alas tidur juga boleh, gantiin matras Hahahaha........

Oke....that's all, TOP FIVE barang-barang yang wajib lo bawa selama mendaki ke Merbabu. Bukan berarti perlengkapan lain gak perlu ya. Tetep perlu juga, dan gue yakin lo juga udah paham kan perlengkapan apa aja yang menjadi standard kebutuhan lo selama mendaki. Semoga informasi ini berguna buat kalian yang mau mendaki ke Gunung Merbabu ya, guys. Ingat, puncak bukanlah tujuan kita, pulang ke rumah dengan selamat itulah tujuan utama kita. Mendakilah dengan aman dan baik.



0 Comments

Be the first to comment.