LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

Top Five Lokasi yang Wajib Kamu Kunjungi ketika di Aceh!

elsahlbs

On

Nanggroe Aceh Darussalam dikenal dengan sebutan Serambi Mekkah, merupakan salah satu daerah paling istimewa di Indonesia. Bagaimana tidak, di daerah ini saya begitu merasakan atmosfer yang berbeda dengan kota lainnya. Kota ini begitu religius, cuaca yang terik selalu membakar semangat dalam tubuh, kota yang bersih, jalanan ibu kota yang tidak macet, dan saya belum menemukan adanya jalan yang rusak selama di Aceh.

Sebagai informasi tambahan, suku Aceh begitu patuh melaksanakan syariat Islam. Bahkan saya sebagai pendatang merasa tercengang, ketika sudah siap untuk melakukan snorkeling atau menyelam di Jumat pagi hari, mendadak tourguidenya mengatakan: “maaf dek, nggak bisa snorkeling pagi ya, bisanya habis jumatan”. And that’s so kill me. Mereka benar-benar menganut paham akan mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan duniawi selesai sholat Jumat, mau itu berlayar, berjualan, atau sekadar membahagiakan pengunjung. Sebesar apapun usaha kita untuk membujuk mereka, mereka akan tetap menjalankan syariatnya, kawan. So, keep it up!

Setelah mendengar kabar itu saya langsung berpindah haluan mencari hal alternatif lain yang bisa saya lakukan selama di Aceh. And here we go!

Pertama, Masjid Raya Baiturrahman, masjid ini merupakan salah satu masjid kebanggaan di Aceh. Bagaimana tidak bangga, saya saja sebagai pengunjung terkesima! Benar-benar indah. Masjid ini sudah ada sejak lama, dengan bangunan yang khas membuat orang langsung ingin menuju ke sini ketika menginjakkan kaki di Aceh. Bahkan, pemerintah Aceh sengaja menyiapkan payung-payung kembang layaknya di Masjid Nabawi. Dan ketika malam hari payung tersebut akan berganti warna secara terus-menerus. Kamu bisa mengunjungi masjid ini kapanpun, pintunya selalu terbuka! Dan lebih disarankan datang ketika pagi atau sore hari ya, biar bisa selfie ketika payungnya dikembangin!

Kedua, Museum Tsunami Aceh merupakan salah satu ikonik Aceh setelah terjadinya bencana Tsunami pada tahun 2004. Gempa beserta tsunami tersebut memang begitu melekat bagi warga Aceh. Merenggut banyak korban, bangunan runtuh, dan habis oleh gelombang air laut. Semenjak saat itu banyak bantuan yang datang ke daerah ini. Termasuk museum ini, sebagai bantuan dari beberapa negara yang peduli akan bencana Aceh. Dan tahukah kamu kalau arsitektur museum ini adalah Ridwan Kamil? Ya bapak walikota Bandung. Didalamnya kamu bisa belajar banyak hal menarik tentang tsunami, peninggalan apa saja yang tersisa setelah kejadian tsunami. Dan bagaimana rakyat Aceh bisa bangkit untuk maju seperti sekarang ini. Kamu juga akan disuguhkan video mengharukan bagaimana proses tsunami terjadi, dan saya yakin kamu semua pasti merinding 

PLTD Apung Aceh, lokasi ini tidak begitu jauh dari kota Aceh. Disini kamu bisa melihat bagaimana PLTD yang berada di laut bisa hanyut ke tengah kota. Banyak hal tak terduga yang bisa terjadi, tapi ini benar-benar terjadi. Kawasan ini dijadikan kawasan wisata, di luar lokasi kamu bisa membeli oleh-oleh khas Aceh juga loh! Dengan harga yang terjangkau kok, tentunya. Lokasinya lumayan luas dan berada di tengah pemukiman warga, jadi kamu harus extra sabar kalau ingin mencari parkiran dengan membawa kendaraan pribadi ya!

Selanjutnya, kita menyebrang ke Sabang, ada Tinjauan Kota Sabang. Untuk kamu yang suka foto dan merekam keindahan alam, pas banget nih kamu ke sini! Karena dari tinjauan ini kamu bisa melihat keseluruhan pinggiran kota Sabang. Selain ada tulisan I love Sabang, di sana juga ada banyak spot bagus untuk foto-foto loh.

Terakhir, 0 Km Sabang. Siapa yang tidak mau mengunjungi ikon paling hits di Indonesia? Nyatanya ujung Indonesia ini tidak percis berada di Aceh, kamu harus menyebrang ke Sabang menggunakan kapal biasa dengan waktu 90 menit atau kapal cepat sekitar 45 menit. Untuk menuju ke sini kamu harus menempuh perjalanan kira-kira 30 menit dari kota Sabang itu sendiri. Fyi, ketika di sini kamu akan merasakan udara yang begitu segar. Kamu dapat memandang sejauh mata memandang. Kamu dapat melihat laut di kanan kiri kamu ketika berada di atas menara 0 Km ini. Indah bukan?

Untuk harga makanan termasuk normal seperti kota lainnya, tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Ini baru lima tempat, masih banyak tempat lain yang bisa kamu kunjungi ketika di Aceh. 

Jadi, nunggu apalagi? Always #ProudIndonesia ya! Aceh begitu menarik kawan! 


0 Comments

Be the first to comment.