LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

 The Oldest Buddhist Temple on Java – Kalasan Temple

anggariezky

On

Ada hal yang menarik ketika tahun lalu saya mengunjungi beberapa Candi. Sebetulnya bukan salah satu penikmat wisata sejarah, namun tahunlalu wisata candi itu begitu menyenangkan.Tau apa yang ngebuat traveling tahun lalu begitu menyenangkan? Yap, traveling bareng temen. :-)

Bersama 200+ Instagramer Jogja, WWIM10 dengan venue Candi menjadi pengalaman yang sangat menarik dan menyenangkan. Acara yang diadakan tanggal 4 Oktober 2014 itu cukup membuat kita nggak bisa ngelupain setiap gimana serunya acara itu. Serius, di tengah teriknya jogja dan igers yang ramah dan inspiratif. acara WWIM10 tahun lalu jadi acara tahunan instagram yang luar biasa.

Dari 3 venue yang di sediakan. Candi Kalasan menurut saya cukup menarik. Candi kalasan terhitung candi yang kecil dan nggak luas. Namun candi satu ini nggak bakal bikin kamu bosen. Lokasinya yang dikelilingi beberapa pohon rindang ditengah terik matahari bisa jadi pengobat rasa capek.

Behind Story

Berdasarkan prasasti Kalasan tanggal 778 masehi , bangunan candi Kalasan yang ditujukan untuk menghormati Bodhisattvadevi yang juga dikenal sebagai Dewi Tara . Selain membangun Candi Kalasan , Rakai Panangkaran juga membangun sebuah biara digunakan untuk para biksu dari dinasti Syailendra . Biara yang disebutkan dalam prasasti Kalasan diyakini adalah Candi Sari yang terletak 300 meter dari Candi Kalasan .


Lokasi Candi Kalasan

Candi Kalasan terletak di Desa Kalibening sub , Desa Tirtomartani , Kecamatan Kalasan , Kabupaten Sleman , Yogyakarta . Lokasinya sekitar 50 meteran di sebelah selatan jalan raya Yogya – Solo. Itu adalah sekitar 15 Km dari Yogyakarta atau 2 Km di sebelah barat Candi Prambanan .

Something Special

Candi Kalasan menuut saya cukup menarik. Ornamen candi cukup menarik dan detail. Candi ini memiliki empat tangga dan gerbang yang dihiasi dengan Kala Makara . 

Sementara ceruk di pintu masuk yang dihiasi dengan sosok dewa yang memegang bunga teratai . Candi ini menghadap ke timur . Ruang timur juga melayani akses ke ruang utama candi . Di ruang utama candi adalah alas lotus dan tahta dengan makara , singa dan gajah angka . Menurut prasasti Kalasan , tahta sekali ditempatkan patung besar Bodhisattvadevi . Patung ini diperkirakan dalam posisi duduk dan terbuat dari perunggu .

Price Rp.0-, Istimewa

Dibandingkan dengan candi terkenal lain (ex : Prambanan), Candi KAlasan nggak kalah keren kok. Yang bikin istimewa yaitu tiket masuknya gratis. SO, kamu bisa buat paket Trip Wisata Sejarah (Candi di Yogyakarta) dengan ongkos yang nggak bakal menguras kantong.

Candi ini dapat dikunjungi 6:00-18:00 WIB

Candi Kalasan mempunyai beberapa bagian yang hilang . Namun, itu masih tempat yang bagus untuk mengunjungi selama eksplorasi candi di wilayah Sleman .


Naik Motor atau Bus Asyik

Paling seru kalau trip ke Candi di Jogjakarta ya pake motor. Selain lokasi beberapa Candi yang berdekatan, kamu nggak perlu capek-capek jalan lagi menuju lokasi candi yang agak masuk ke gang. Pilihan Bus juga nggak kalah seru, Ada pilihan transjogja yang tarifnya nggak bakal lebih dari Rp.10.000,-

Dengan transportasi umum : Ambil rute bus umum Yogya -Solo dari Janti dan berhenti di sisi sisi jalan . Lanjutkan dengan berjalan ke kuil .

More Photos Check My Instagram : @anggariezky



0 Comments

Be the first to comment.