LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

The Beautiful of Kiluan

azharirakhman

On

    Teluk Kiluan adalah sebuah teluk di Pulau Sumatra, terletak di Pekon (Desa) Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Disana terkenal karena disana sering sekali dijumpai para jomblo-jomblo, eh maaf salah, maksudnya Lumba-lumba man.. hahaha

     Untuk mencapai ke teluk ini sebernarnya ga terlalu jauh tapi jadi jauh karena jalannya yang rusak. Dari Pelabuhan bakauheni sendiri membutuhkan waktu sekitar 5-6 jam. Salah satu tempat indah lainnya di teluk ini adalah lagunanya yang cukup indah apalagi di tambah dengan semburan air laut dari karang-karang yang bisa sampai setinggi tiga meteran. Nah cerita bermula dari sini...

     Awal cerita ini adalah perjalanan bersama para laskar pejuang colorful part jakarta, yang dari awal merencakan berbagai tempat dari ujung kulon sampai ujung tombak, dan tercetuslah kita mengadakan trip berjamaah ke kiluan.

   Perjalanan dimulai pukul 8 malam kita berangkat dari Jakarta. Menuju arah pelabuhan merak kira-kira membutuhkan waktu 2 jam. Sampai disana untungnya tidak antri untuk memasuki kapalnya, dan sampai di pelabuhan bakauheni sekitar pukul 12 malam.

     Pada akhirnya kita di lokasi sekitar jam 8 pagi lagi, jadi kira-kira 12 jam sudah perjalanan yang kita tempuh. Sesampai di check point pertama, langsung disambut dengan sarapan khas lampung yaitu telor balado.. hahah (emang telor balado khas lampung ya?)

     Nah dari rumah tempat kita check point sampai ke TKP (laguna) hanya butuh waktu sekitar 10 menit saja menggunakan mobil, nah dari situ kita lanjut mendaki bukit kecil dengan berjalan kaki. Sekitar 15-20 menit perjalanan menusuri bukit dan turun, terlihatlah pantai yang begitu alami.

     Dari situ kita masih belum sampe ni, perlu beberapa rintangan dahulu untuk menuju ke laguna. Masih harus menusuri jalan melalui tebing karang pantai, kita harus melewati berbagai rintangan, jurang, arus ombak, berenang mengarungi hiu yang berkeliaran (ya kali extreme segitunya man hahaha). Tetapi tenang, disitu sudah diberikan jalan buatan dari bambu dan tali tampar agar memudahkan kita melaluinya untuk mencapai ke laguna.

Finally kita nyampe at

"LAGUNA"

     Setelah puas mainan air, kita bergegas balik ke spot awal karna rintik-rintik tanda hujan akan tiba. Tetapi di tengah perjalanan justru udah turun hujan. Ya apalah dikata, dinikmati saja hujan ini. Setelah sampai di spot awal untungnya hujan telah berhenti, kita mulai naik kapal dan menyebrangi teluk untuk menuju ke cottage kita..

    Sesampai di lokasi, kita langsung bermain snorkling. Spot snorkling nya hanya didepan cotage yang kita tinggal. Jadi ga perlu jauh-jauh naik kapal untuk melihat terumbu karang. Berbagai macam ikan-ikan cantik, warna warni yang indah ada di balik terumbu karang tersebut. Sampai ada lobster sebesar paha kaki ada disana. Tapi sayang ga bisa dimakan.. haha (maunya gretongan)

This is our

"Mafioso"

Puas mainan air dan melihat terumbu karang beserta isi-isinya, kita pun istirahat melepas lelah. walaupun cuma main-main terus tapi capek juga man..

Leren disik cah...


     Hari semakin gelap dan matahari mulai bersembunyi. Tanda sudah malam.. makan malam pun tiba, berbagai macam ikan seafood pun berdatangan. Nikmat rasanya menyantap ikan yang masi segar alias fresh dari laut. Menjadikan sensasi tersendiri dan memiliki cita rasa yang aduhai di setiap daging ikan tersebut…

Konon katanya, ini orang sanggup makan bakso 4 mangkuk sekaligus dalam waktu beberapa menit aja man, percaya aja sih secara liat porsi makan nya tuh.. hahaha

    Malam semakin larut, lalu kita beristirahat karena pagi buta kita akan menuju acara puncak yaitu finding nemo eh finding dolpin maksudnya. Satu persatu menuju kamar dan beristirahat.

     Pagi2 sekitar jam setengah 5 kita dibangunkan untuk sholat subuh dan bersiap2 untuk melihat lumba2. Setelah menyiapkan amunisi alias kamera masing2. Kita terbagi 3 kapal. Ketika kapal satu dan dua sudah berangkat, kapalku yang terakhir lepas landas. Akan tetapi, baru berjalan 3 meter tiba2 kita terhenti karena terumbu karang. Sang nelayan mencoba mendorong tetapi tak berhasil. Alhasil kita turun semua agar kapalnya naik, sampai akhirnya terlepas dari karang tersebut. Baru berjalan sekitar 5 menit, kapal kita nyangkut lagi bro. dalam hati, bapaknya ga hapal jalan sepertinya hahaha. Akhirnya satu persatu kaki keluar untuk mendorong kapal lagi, dan akhirnya terlepas lagi dari karang… Hidup butuh perjuangan man..

     Dan kita pun tertinggal jauh dengan teman-teman yang lain, kita cuma berharap bisa menyusulnya. Berjalan sekitar 30 menit menuju ke tengah laut, terlihat sunrise yg begitu indah. Walaupun agak mendung sih, tp okelah sunrisenya.. laju terus menyusul kapal yang lain, tiba-tiba ada segerombolan ikan melompat-lompat, dan kita langsung teriak

“Itu Lumba lumba!!!”

     Subhanallah sepanjang detik kulontarkan ketika melihat lumba-lumba tersebut. Sungguh pengalaman luar biasa dan ini adalah pengalaman yang belum pernah kualami sebelumnya, melihat segerombolan lumba lumba liar di tengah laut lepas ini. Mereka saling lompat lompat, saling bergerombol, saling beriringan berenang, pengen rasanya nyebur trus berenang bareng mereka. Berasa kayak nonton film “free willy” ketika melihat mereka hahaha. Tak berhenti pula kita menjepretkan kamera ke mereka.

     Setelah puas melihat mereka, kedua kapal teman kita pun beranjak ke pantai lagi, dan kapalku pun mengikuti jejak mereka. Sesampai di darat, kita disuguhkan lagi dengan sarapan telor balado seperti awal kita datang. (kayak ya bnr ini khas lampung hehe) dan sampai akhirnya tiba saatnya kita berpisah untuk meninggalkan teluk kiluan ini dan kembali ke Jakarta. Capek perjalanan yang semua tempuh terbayarkan dengan adanya lumba-lumba tersebut. Kata nelayan, ga semua orang bisa melihat lumba-lumba mas, karna tidak setiap hari puka mereka mau menampakkan seperti itu.

Di saat itulah aku merasa orang yang paling beruntung yang busa menikmati keindahan alam Indonesia. Sungguh bangga dan beruntung aku lahir di negara Indonesia yang akan alam dan budaya ini.

Dan aku cuma bisa bilang

“I love Indonesia”

Cukup sekian ya cerita trip ke kiluan bersama laskar colorful, harap dimaklumi kalau ada kata yang kurang dan berkenan. dan mohon maaf apabila saya tadi ada menyakiti secara sengaja atau tidak sengaja. Karena ini pengalaman pertama juga menulis cerita seperti ini.. (koq jadi penutupan pidato ketua RT haha)

Terima kasih sahabat,

Ini ceritaku, mana ceritamu??

Colorful!!

Siap Semangat!!!

Btw ini salah satu foto prewed gw di kiluan man. Doain Lancar sampe hari H.. Aaminn

photo by Apri Isnanto, Photographer Profesional.

Thx Laskar Colorful



0 Comments

Be the first to comment.