LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

Sudut Lain Sunda Kelapa

jatipatrio

On

Siapa tak kenal Sunda Kelapa, adalah sebuah pelabuhan yang terletak di kelurahan Penjaringan Jakarta Utara. Pelabuhan ini banyak menyimpan sejarah yang penting untuk Indonesia. Pelabuhan Kelapa telah dikenal semenjak abad ke-12 dan kala itu merupakan pelabuhan terpenting Pajajaran. Kemudian pada masa masuknya Islam dan para penjajah Eropa, Kalapa diperebutkan antara kerajaan-kerajaan Nusantara dan Eropa. Akhirnya Belanda berhasil menguasainya cukup lama sampai lebih dari 300 tahun. Para penakluk ini mengganti nama pelabuhan Kalapa dan daerah sekitarnya. Namun pada awal tahun 1970-an, nama kuno Kalapa kembali digunakan sebagai nama resmi pelabuhan tua ini dalam bentuk "Sunda Kelapa".

Disamping itu, banyak pengunjung yang pada umumnya pecinta fotografi mengabadikan lokasi bersejarah ini. Aktifitas para anak buah kapal yang mengangkut barang - barang, kendaraan roda 4 juga lalu lalang melintasi pelabuhan ini untuk mengangkut barang - barang yang akan dikirim ke suatu tempat. Tidak hanya kapal - kapalnya saja yang menarik perhatian.

Namun ada sudut yang berbeda, yaitu sebuah menara berwarna hijau dan merah yang menjadi perhatian saya. Hanya dengan memakai jasa ojek perahu kita bisa melintasi dan mengabadikan menara yang mencolok tersebut. Begitu juga dengan perspektif para aktifitas warna disekitar wilayah sunda kelapa.



0 Comments

Be the first to comment.