LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

Siapkan Nyalimu, Tebing Apparalang Bulukumba Menunggu !

kakituli

On

Nenek moyangku seorang pelaut. Yap, sejak zaman dulu orang-orang Sulawesi di kenal sebagai pelaut ulung yang tak kenal takut hempasan ombak dan tamparan badai, sebut saja suku Bajo yang terkenal tangguh hidup berdampingan dengan angin samudera yang bengis, mendirikan tempat tinggal di atas air laut di pesisir pantai dan tersebar di seluruh Indonesia.

Faktor geografis adalah satu alasan orang-orang pesisir harus memiliki mental sekuat karang, dan jiwa seluas samudera. Tapi di sisi lain, memiliki halaman rumah dengan hamparan laut biru nan jernih, menceburkan diri di akuarium raksasa lalu berenang bersama ikan-ikan badut setiap hari adalah karunia kekayaan bahari yang maha mempesona bukti cinta Tuhan pada mahkluknya.

Di ujung selatan Pulau Sulawesi tempat para pelaut ulung menyulap onggokan kayu menjadi perahu Phinisi yang namanya sudah melegenda. Ya, di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, adalah surganya wisata bahari. Sederetan spot wisata yang yang memanjakan mata dan menyenangkan hati ada di sini. Sebut saja Pantai Bira, Pantai Bara, Pulau Kambing, Tebing Marumasa, Tebing Apparalang, dan masih banyak lagi.

Melancong di Kabupaten Bulukumba tentunya tidak afdol jika tidak mendatangi semua spot yang dipersembahkan oleh Bulukumba khusus buat kamu penikmat wisata bahari. Namun jika datang dan hanya berfoto-foto ria sepertinya sudah sangat biasa, di sini penulis akan mengajak kamu menikmati wisata bahari di Bulukumba dengan cara yang anti mainstream.

Saatnya pacu adrenalin kamu dan rasakan sensasi yang berbeda, loncat bebas dari ketinggian 20 meter. Ya, kita menuju Tebing Apparalang, sebuah tebing batu yang sangat menawan dengan posisi berhadapan langsung dengan laut lepas di Selat Sulawesi. Letaknya sekitar 300 kilometer dari Kota Makassar ke arah selatan, dengan waktu tempuh sekitar 6 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Kabupaten Maros kita akan melewati 6 kabupaten, yaitu Kabupaten Maros, Kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar, Kabupaten Jene'Ponto, Kabupaten Bantaeng, dan akan tiba di Kabupaten Bulukumba.

Dari jalan poros Bulukumba, perjalanan sekitar 1 jam lurus ke arah selatan dan lokasi Tebing Apparalang tepatnya di Desa Ara, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, sangat mudah di temukan menggunakan GPS, tidak usah takut tersesat. Untuk masuk ke lokasi kita diharuskan membayar karcis untuk parkir kendaraan sebesar Rp 5.000,00 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000,00 untuk kendaraan roda empat.

Saatnya melompat! Tapi sebelum itu pastikan keadaan air laut, perhatikan keadaan ombak. Jika tidak terlalu keras saatnya kamu memompa denyut jantung hingga merasakannya berhenti sepersekian detik. Ada dua spot untuk melompat, yaitu di sebelah barat dermaga dengan ketinggian 7 meter dan di sebelah timur dengan ketinggian hampir 20 meter. Tapi ingat, boleh bersenang-senang tapi jangan melupakan keselamatan! Lets jump!

-Kakituli-

Mksr, 2017

Siapkan Nyalimu, Tebing Apparalang Bulukumba Menunggu !-Makassar-Travel Feature-kakituli

Nyatanya nyegerin!



0 Comments

Be the first to comment.