LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

Pertama Kali Eksplor Pesona Alam Trenggalek.

yanneinggriani

On

Haiii! Tepat bulan April yang lalu berkesempatan pergi ke provinsi di bagian timur pulau Jawa, Jawa Timur. Kota yang gue kunjungi itu adalah Tulungagung, tepatnya di Kabupaten Trenggalek. Kali ini perjalanan gue sendiri alias jadi solo traveler. Berangkat menggunakan transportasi umum langganan backpacker gue, yaitu kereta api. Sekitar jam 3 pagi tiba di Stasiun Tulungagung dan minta dijemput temen asli Trenggalek, kita melipir ngopi-ngopi dulu sambil lurusin kaki yang udah 14 jam mati kutu di kereta.

Habis ngopi kita langsung cabut ke homestay. Perjalanan dari Tulungagung ke Trenggalek cukup menempuh waktu 1 jam, yaa terbilang lumayan jauh tapi jalanan di jawa itu kan jarang macet jadi tetep enak perjalanannya. Nikmatnya ketika sampai homestay ketemu kasur dan langsung tepar. Berikut destinasi wisata yang gue kunjungi :

1. Kampung Mangrove Pancer Cengkrong. Serupa dengan Hutan Mangrove pada umumnya, bedanya ini di Trenggalek dan jarang dijamah wisatawan lho. Jadi tetap harus jaga alam, jaga kelestarian, dan jaga kebersihan yaa!

Keliling sampai ujung, nikmatin udara segernya, foto-foto, habis itu makan Es Degan. Es Degan atau Es Kelapa Muda sering jadi minuman identik dipinggir laut, emang paling cocok sih! Siapa yang nggak suka kelapa muda? Hmm kayaknya pada suka deh :p Paling nikmat seruput air kelapa langsung dari batok-nya sambil makan daging kelapa muda, brrrrr! Nyegerin puolll.

2. Pantai Damas. Pantai ini berlokasi di desa Karanggandu, kecamatan Watulimo. Serasa pantai milik pribadi karena yang dateng cuma kita. Ombaknya nggak terlalu gede, pasirnya cokelat muda, dan banyak spot foto yang kece. Disini kalian bakal ngerasa tenang dan nyaman.

3. Prigi Fest 2018. Prigi Fest adalah festival rakyat yang digelar setiap tahun mulai dari tahun 2015. Event ini sebagai bentuk promosi pantai Prigi agar menjadi objek wisata nasional. Keseruan dari festival ini terlihat dari antuasias para masyarakat terutama komunitasi Prigi yang notabene nelayan, dihadirkan juga perlombaan seperti balap miniatur dan pameran kapal selerek. Nah, gue berkesempatan melihat ritual Purak Lodho dan Tari Massal Turangga Yaksa. Meriah banget malam itu ditambah lagi ada pasar rakyat atau sering disebut pasar malam. Berjejer jajanan dan permainan dengan lampu mencolok seakan penuh makna kalo lagi berdua bareng gebetan/pacar ahahah.

4. Gua Lowo, konon Gua ini mendapatkan predikat sebagai Gua terpanjang di Asia Tenggara. Amazing! Terletak di desa Watuagung, kecamatan Watulimo, Trenggalek. Keindahan alam semakin indah dengan adanya sorot lampu aneka warna yang terpasang di sela-sela bebatuan. Harga tiket masuk relatif murah dan terbayar semua ketika masuk ke dalam Gua ini.

5. Main Banana Boat di salah satu pantai keren di Trenggalek. Eits! Sebelom main, isi perut dulu dong. Pasti tau dong makanan favorit setiap di pantai? SEAFOOD. Rasa ikan-nya juara! Jelas ikan, udang, dan lain-lainnya masih fresh jadi rasanya juga mantep.

6. Pasir Putih. Snorkeling sambil menikmati sunset dari tengah laut. Pancaran sinar matahari terefleksi dari atas laut seolah membentuk suatu garis lurus. Nggak ada penghalang pagar pepohonan atau gunung. Saking asiknya di laut, nggak terasa udah jam setengah 7 malem aja hahaha bener-bener dibuat takluk akan pesona alam di Trenggalek.

Ini cocok banget dijadiin destinasi liburan kalian! Pulau jawa itu luas dan nggak melulu harus liburan ke pantai yang itu-itu aja, coba deh sesekali explore wisata di Trenggalek yang punya banyak tempat menakjubkan. Belom semua di komersil, masih bersih, nyaman, dan keren pastinya. Yuk mulai buat rencana perjalanan kalian di Pigijo.com. Jangan diam aja dirumah, sekarang waktunya berani travelling jelejah wisata di Indonesia.

Nikmatin alamnya, hargai setiap momennya, jangan lupa bersyukur! Cheers :D



0 Comments

Be the first to comment.