LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

Panggilanku : Ke Pulau Menjangan Bali

iyka

On

Panggilanku : Ke Pulau Menjangan Bali-Bali-Banyuwangi-Malang-Adventure-Beach-Diving and Snorkeling-iyka

cara ke pulu menjangan bali

Sebut saja namaku Iyka , sering sekali aku mendengar denyutan tentang Pulau Menjangan di jejaring sosial, majalah, dan sebagainya yang terletak di ufuk bali bagian barat, dan tujuan utama kami semua sebagai salah satu local people dari negeri apel ( Malang ) yang memang jauh dari pesisir pantai sekaligus memang benar – benar tidak bisa berenang, berusaha menginjakkan kaki ke pulau tak berhuni ini, bermaksud ingin belajar snorkeling, mau tau perjalanan kami kawan ? yuk baca yang satu ini. Sebelum berangkat ke pulau menjangan bali barat ini, aku (Iyka) dan yayangku (Herdi), plus sahabat baikku (Yogi), menghubungi Bli Azhari (Recommended Kaskus dan Backpacker Indonesia) , kami setuju dengan hal tersebut, karena memang pelayanan yang luar biasa bagi aku, selain ramah, memiliki khas tersendiri dalam pelayanan, lanjut cerita kamipun siap berangkat ke bali barat.

Pukul 19.00 WIB dari Terminal Arjosari yang merupakan terminal terpadu yang terletak di Blimbing sekaligus merupakan pintu gerbang Kota Malang dari arah utara, tidak tanggung – tanggung, bus langsung yang aku naiki adalah bus Gunung Harta, Biayanya 185.000,- / Orang (sudah termasuk snack dan makan malam di situbondo), sebenarnya kata teman – teman aku banyak bus langsung yang harganya jauh lebih murah, maklumlah, kami bersama teman – teman ingin yang nyaman he he he....

Malam itu, sekitar pukul 22.30 WIB, bus yang melaju kencang menghentikan seketika, aku mengira terjadi sesuatu yang tidak di inginkan, ternyata, di depan bus ada rumah makan Handayani, seluruh penumpang turun, kemudian mencicipi khas makanan madura di kawasan pasir putih situbondo, kamipun ikut turun, begitu kenyang, kami meneruskan kembali perjalanan yang kira – kira kurang lebih 3 jam lagi tiba di pelabuhan ketapang banyuwangi. Singkat cerita, kami ternyata memang benar – benar tidak sadar, karena tidur terlalu nyaman di dalam bus, pagi hari sekitar pukul 05.00 WITA, kami semua tiba – tiba di minta turun dari bus, eh ternyata, kami semua sudah berada di pulau bali tepatnya di pelabuhan gilimanuk, kondiktur menyuruh turun karena ada pemeriksaan KTP, ini wajib di ingat dan diketahui buat teman – teman yang mau kebali, karena jika tidak membawa KTP, kita di suruh kembali lagi ke pulau jawa.

Begitu sampai di pelabuhan gilimanuk , sesuai instruksi Bli Azhari, tiba di pelabuhan gilimanuk, kami cukup menunggu saja di sebelah kanan pemeriksaan KTP , ada parkiran mobil, akhirnya kami menunggu di tempat tersebut sesuai jadwal penjemputan jam 07.00 WITA, sewa mobil dalam 1 hari full day milik Bli Azhari PP hanya 300.000,- jika di hitung dan dibagi dengan 3 orang, jatuhnya 100.000,- / Orang. Tepat pukul 6.30 WITA, kami sudah di jemput oleh driver Bli Azhari, namanya Bli Hendra, kami semua langsung berangkat menuju pelabuhan penyeberangan pulau menjangan di kawasan banyumandi, perjalanan kurang lebih 21 KM dari arah Gilimanuk, sebelum menuju ke pelabuhan pulau menjangan, kami kerumah Bli Azhari terlebih dahulu, untuk cek peralatan snorkeling dan sekaligus membayar boat, tiket, alat, dan akomodasi lainnya, biayanya di kenakan 611.000,- untuk 3 orang, jika dihitung perorang jatuhnya 203.000,- perorang, sekaligus kami menitip barang – barang bawaan kami di tempatnya Bli Azhari, oh iya ada yang lupa, kata bli azhari, kalau ingin lebih murah, datanglah dengan berjamaah, itu bisa menekan harga, maklumlah, kami belum mengerti saat itu sharing boat atau private boat, tapi kl sekarang, sudah faham.

Menuju ke pelabuhan penyeberangan pulau menjangan dari rumah Bli Azhari kurang lebih hanya 1 KM, dan kami ditawarkan oleh bli azhari mau lewat pelabuhan atau lewat white sandy beach, kami bertanya kepada bli azhari, white sandy beach itu apa ? lalu bli azhari menjawab, wahana pantai berpasir putih yang di kelolah oleh kelompok nelayan sadar wisata, kelebihannya apa ? water sport seperti bebek, kano, banana, mini savana dan lain – lain, akhirnya kami memutuskan pemberangkatan dari white sandy beach.

Perjalanan menuju Pulau Menjangan ditempuh kurang lebih 30 menit, selama perjalanan kami juga dianjurkan oleh bli azhari untuk mengdokumentasikan bawah laut, karena kami bertiga tidak membawa kamera, dan mungkin bli azhari sedikit hiba kepada kami he he he , diberikanlah kamera Bli Azhari kepada kami, dan Bli Azhari bilang pakai aja , wow dengan senang hati dapet pinjem kamera akhirnya he he he, sebelum berenang, kami diajarkan di kedangkalan kurang lebih 30 menit, dan byur ……………….. di kedalaman, awalnya kami bertiga sudah membawa pelampung, tapi kata bli azhari itu tidak perlu dan bilang : you khan sudah di pandu ama aku, You khan udah bayar ama aku, ngapain bawa pelampung, you tanggung jawabku, you tamuku, percuma dong berlatih dari tadi di kedangkalan, ha ha hah sambil bercanda ….

Benar kata orang – orang, kalau ke pulau menjangan kudu harus bawa kamera underwater, dan kami yakin perjalanan dan biaya anda akan terbayar di pulau menjangan, karena tempatnya memang benar – benar mempesona, tidak harus di kedalaman, seluruh jenis karang dan ikan terlihat masih sehat, juga bersahabat, terima kasih menjangan island, namamu akan selalu menjadi sebutan kami untuk destinasi yang akan datang.

Singkat cerita : Sore hari begitu pulang dari Pulau Menjangan, kami bertiga diajak ketempat yang berbeda oleh Bli Azhari, namanya Pura Melanting, tempat ini berada di lereng bukit pemuteran, wow, bagus sekali tempatnya di sore hari, dan kita bisa mendapatkan sunset di pura pulaki, turun dari bukit melanting, kami diajak petik buah anggur bali, dan kemudian menjelang petang, kami mencicipi masakan khas ikan bakar bali barat di kawasan pejarakan bali, semuanya pada kenyang, kami langsung diantarkan kembali ke Gilimanuk sekitar pukul 19.00 WITA, dan kami mengambil bus langsung dari Gilimanuk – Malang dengan biaya murah hanya 125.000,- / Orang ( sudah termasuk makan malam di pasir putih situbondo ).

Terima kasih kepada Bli Azhari yang sudah kami repoti selama di bali barat, terima kasih buat driver Bli Hendra, Sopir Boat Bapak Rahman, dan kawan – kawan yang lain dan yang membaca artikel ini, Kami belum puas di Bali Barat, dan kami janji akan kembali lagi…..tnks.



6 Comments

  • - 2 years ago
    mb' iyka, kl naik kereta, kemudian sewa motor dr pelabuhan gilimanuk ada jg g mbk, agar lebh murah explore bali barat, dan tempat bermalam yg paling murah dimana ya di kawasan bali barat , help me , mw ngabisin dari tanggal 25 Des - 01 Jan 2016 di bali barat.............
    • iyka - 2 years ago
      kalau sewa motor q tdk tau, kl penginapan ada penginapan backpacker nya bli azhari, murah tuh harga donasi ..... Semoga sukses sis explore bali barat ............
  • - 2 years ago
    mbq mau tanya, kl gambar pura yang terahir apa jauh tempatnya sama pulau menjangan mbq, dan tempat bermalam terdekat di pelabuhan pulau menjangan dimana ya
    • iyka - 2 years ago
      dekat mas deddy, kurang lebih hanya 10 menit, kalau penginapan banyak, cari saja di pejarakan bali atau di kawasan pemuteran
  • - 2 years ago
    perjalanannya bgus, mbk, minta cp nya bli azhari dong, please !
    • iyka - 2 years ago
      tnk u utie, +62811393757