LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

Panduan Wisata ke Tirta Gangga

sagung-suryawati

On

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan ribuan destinasi pariwisata yang tersebar dari sabang hingga merauke. Salah satu tempat di Indonesia yang menjadi magnet bagi para wisatawan adalah Bali. Pulau Dewata menawarkan berbagai objek wisata yang sangat memikat. Salah satu objek wisata yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke Bali adalah Tirta Gangga.

Tirta Gangga merupakan salah satu objek wisata di Bali yang memiliki nilai historis. Bagi kalian yang belum mengenal objek wisata ini, mari simak informasi berikut yang tentunya akan dapat membantu kalian dalam mempersiapkan diri sebelum berkunjung ke tempat yang satu ini.


Sejarah

Tirta Gangga berasal dari kata “tirta” yang berarti air suci dan “gangga” yang merupakan nama sungai di India. Konon, Tirta Gangga didirikan pada tahun 1946 oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung. Tempat wisata yang menawarkan suasana sejuk dan menyegarkan ini pernah hancur karena letusan Gunung Agung namun dibangun kembali oleh pemerintah Kabupaten Karangasem dan kini dijadikan sebagai objek wisata.


Lokasi

Objek wisata Tirta Gangga berlokasi di Desa Abang, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Waktu yang diperlukan untuk mencapai objek wisata ini yaitu sekitar dua jam berkendara dari Denpasar. Dari Denpasar, kalian bisa melintasi Jalan Prof. Ida Bagus Mantra, melewati Kabupaten Klungkung, hingga akhirnya sampai di Kabupaten Karangasem. Untuk menuju ke objek wisata ini, kalian dapat menggunakan kendaraan pribadi atau pun menggunakan jasa penyewaan kendaraan. Tempat penyewaan mobil di Bali biasanya mematok harga sekitar Rp 500.000 per sepuluh jam.


Tiket Masuk

Untuk dapat masuk ke objek wisata ini, para wisatawan perlu membeli tiket. Harga tiket masuk yang perlu dibayar oleh pengunjung objek wisata ini adalah Rp 15.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 30.000 untuk wisatawan asing.


Daya Tarik Wisata

Ciri khas dari objek wisata dengan luas sekitar 1,2 hektar ini adalah kolam airnya. Kalian dapat mengitari kolam ini dengan berjalan di atas pijakan yang tersedia. Kolam ini juga dihiasi dengan patung-patung yang ada di sekitar pijakannya. Jika kalian menengok ke bawah, kalian juga dapat melihat sekelompok ikan yang asyik bermain-main di kolam ini.

Panduan Wisata ke Tirta Gangga-Bali-Guidebook With A Twist-Sagung Suryawati

Kolam air di Tirta Gangga

Setelah mengitari kolam, kalian akan mencapai tugu air yang terletak di tengah-tengah objek wisata Tirta Gangga. Tugu air inilah yang menjadi ikon bagi tempat wisata ini.

Panduan Wisata ke Tirta Gangga-Bali-Guidebook With A Twist-Sagung Suryawati

Ikon objek wisata Tirta Gangga

Jika tadi kita sudah mengitari sisi kanan objek wisata Tirta Gangga, kini saatnya kita beralih ke sisi kiri tempat ini. Terdapat sebuah jembatan dengan desain yang menarik. Setelah menyeberangi jembatan, mata pengunjung siap dimanjakan dengan keindahan taman yang ada.

Panduan Wisata ke Tirta Gangga-Bali-Guidebook With A Twist-Sagung Suryawati

Taman yang indah

Barang Bawaan

Benda utama yang wajib dibawa bagi kalian yang ingin mengabadikan momen berharga di Tirta Gangga adalah kamera. Sebagian besar objek wisata ini didominasi oleh air sehingga kalian diharapkan dapat menyesuaikan alas kaki yang akan digunakan agar dapat dengan nyaman bermain-main di sini. Selain itu, karena di objek wisata ini tersedia sebuah area khusus bagi pengunjung yang ingin berenang, kalian perlu membawa pakaian ganti serta handuk jika tertarik untuk berenang. Bagi kalian yang ingin memberi makan ikan, kalian bisa membeli makanan ikan di sejumlah pedagang yang berjualan di sekitar objek wisata Tirta Gangga.

Panduan Wisata ke Tirta Gangga-Bali-Guidebook With A Twist-Sagung Suryawati

Sekelompok ikan yang berebutan makanan

Bagaimana pendapat kalian setelah mengetahui informasi mengenai objek wisata Tirta Gangga? Ayo manfaatkan informasi tersebut sebagai acuan untuk berkunjung ke Tirta Gangga! Selamat bersenang-senang di taman wisata air Tirta Gangga!



1 Comments

  • Sagung Suryawati - 2 days ago
    Silakan informasinya digunakan untuk referensi saat berkunjung ke sini ^^