LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

One Day Trip at Taman Sari Yogyakarta

anggariezky

On

Apa yang lebih mempesona selain menikmati keindahan arsitektur kuno sambil mendengarkan mitos yang menyelimutinya? Apa yang lebih nyaman mendengarkan gemercik air sambil melewati lorong-lorong penuh misteri? Begitulah perasaan memasuki kompleks Istana Air Taman Sari Yogyakarta.

Minggu pagi di Taman Sari yang sudah direncanakan bersama sahabat untuk mengisi waktu luang mahasiswa akhir ini cukup menyenangkan. Lokasinya mudah ditemukan dan berada satu kompleks dengan wisata sejarah di kota Yogyakarta.

Jika ada yang ingin berjalan-jalan di Kraton Yogyakarta, maka tentunya trip ke Taman Sari menjadi salah satu paket wisata yang seru. Lokasinya 1km barat Kraton.

Istana ini dibangun tahun 1758 oleh Sultan Hamengkubuwono I sebagai rumah peristirahatan bagi keluarga kerajaan. Tamansari berarti taman yang indah. Istana ini rusak parah akibat gempa bumi pada tahun 1867. Beberapa bagian dari istana ini, misalnya kolam mandi "Umbul Binangun" telah dipulihkan. 

Taman Sari sebenarnya cukup luas, selain kompleksnya di sekitar rumah warga. Taman Sari juga di bagi menjadi 2 kompleks. Kompleks pertama yaitu Kolam Pemandian Umbul Binangun. Kolam ini digunakan sebagai kolam pemandian Sultan dan keluarganya. Lokasinya dikelilingi tembok tinggi dan beberapa ruang khusus. Mitosnya terdapat tempat khusus yang diyakini sebagai tempat pertemuan Sultan dengan penguasa Laut Selatan, Kanjeng Ratu Kidul.

Lokasi kedua yaitu Pulo Kenongo letaknya di tengah Segaran Taman Sari. Mitosnya lokasi ini digunakan untuk melakukan tarian sakral klasik Bedoyo dan Srimpi, gerbang dan ruang jaga dijaga para prajurit istana.

Transportasi

Bagi kamu yang suka dengan jalan kaki, lokaisnya cukup mudah dan dekat. Selain itu kamu bisa juga sambil berbelanja di pasar ngasem. Melalui Pasar Ngasem masuk ke dalam dan temukan sebuah gang yang disebut KP III, belok ke kiri, jalan kaki sekitar 200 m, Anda akan menemukan Pulo Kenongo dan kompleks perumahan. Yang kedua adalah melalui Jalan Taman Sari, dari Pasar Ngasem, naik becak ke Alun-Alun Selatan, sekitar 0,5 Km belok kanan, ada pintu masuk utama Timur, yang merupakan jalan ke kolam Renang kerajaan.

Kamu juga bisa menggunakan becak atau kendaraan pribadi sendiri untuk kelokasi.

More Photos Check My Instagram : @anggariezky



2 Comments

  • gemdra - 2 years ago
    mas Riz you should bring me here if i paid another visit to jogja mas !!
    • anggariezky - 2 years ago
      anytime...nih bisa masuk gratis ke taman sari. yuk nanti tak ajak ke mana aja yg kamu pengen. haha.