LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

Merbabu: 5 Things That You Must Bring When Back to Your Home.

abdjafar

On

Berawal dari cerita Bapak-ku yang suka bepergian waktu masih muda. Terselip wejangan yang menurutku bagus untuk dibagikan. Inilah "5 hal yang wajib kamu bawa saat pulang ke rumah setelah bepergian".

Merbabu: 5 Things That You Must Bring When Back to Your Home.-Magelang-Semarang-Adventure-AbdJafar

Processed with VSCOcam with a6 preset

1. SENANG

Pergilah dengan rasa tenang, jangan terlalu banyak "kepikiran" saat kamu mau bepergian. Begini kata sahabatku "jangan pernah berpikir bagaimana kalau gagal? tapi berpikirlah bagaimana nanti jika berhasil". Intinya jangan bepergian dengan membawa rasa RAGU. 

 Jika energi positif itu kita bawa dari rumah, bukan tidak mungkin perjalannan kita akan menjadi menyenangkan, dan kita pulang ke rumah dengan membawa rasa senang.

2. PENGALAMAN

Kalo yang ini, hampir mustahil deh kalo gak dibawa pulang ke rumah setelah bepergian. Setiap perjalan pasti punya kejadian yang berbeda-beda bahkan unik, ada yang buruk ada juga yang menyenangkan. Semuanya masuk ke memori kita sebagai kenangan, dan menjadi pengalaman karena memiliki pelajaran yang berharga.

Pengalaman Guru Terbaik - Pepatah.

3. TEMAN

Kata bapakku, cari lah banyak teman. Setidaknya punya banyak teman membuat kita tidak kesepian jika ingin bepergian. Oleh karena itu, saat melakukan perjalanan, bukalah diri kamu, ramahlah dengan banyak orang, ingat Tegur, Salam, dan Sapa. 

Manfaatnya banyak lho guys, kita bisa makan gratis, dapat tumpangan gratis, bahkan bisa menginap di rumah penduduk setempat secara cuma-cuma. Memang sih jangan pamrih, tapi kan jangan nolak kalo ditawarin hehehe. Nah! kalo menjadikan ramah sebagai kebiasaan, bukan tidak mungkin kita bakal punya banyak teman, kan.

Banyak Teman Banyak Rezeki - Pepatah.

4. KULTUR DAN BUDAYA

Cobalah untuk mencari tahu tentang kultur dan kebudayaan masyarakat sekitar saat ke tempat yang kamu kunjungi seperti sejarahnya, peradaban, suku yang terdapat di tempat itu, bahasa yang mereka gunakan, tradisi, ritual-ritual yang biasa mereka lakukan, dan bagaimana mereka bertahan hidup di sana. Dengan begitu kamu akan mengenal mereka, dan pastinya akan ada banyak pengalaman dan cerita yang akan kamu bagikan saat sampai di rumah.

5. OLEH - OLEH

YA! Buah Tangan... Jangan lupa bawakan oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat dekatmu. Selain makanan dan cindera mata, biasanya para pendaki gunung memberikan oleh-oleh berupa tulisan atau ucapan untuk keluarga atau kerabat dekat, biasanya sih pacar hahaha.

Memberikan buah tangan atau oleh-oleh memang sudah menjadi budaya bagi masyarakat Indonesia yang pulang dari bepergian, dan ini merupakan hal yang bagus, karena selain memperkenalkan produk daerah asal sekaligus mempromosikannya, toh tangan di atas jauh lebih baik dari pada tangan di bawah kan.

Sekian tentang "5 hal yang wajib kamu bawa saat pulang ke rumah setelah bepergian". Semoga bermanfaat.

THANKS!



4 Comments

  • elsprim - 2 years ago
    :)
  • AuliyaRP - 2 years ago
    emang bener, tiap habis traveling paling ga kita bakala punya 1 temen baru :D
  • gemdra - 2 years ago
    Well noted !! point 1 paling utama sih kalau udah pergi balik balik gak senang gak ada gunanya dong bepergiannya hahah