LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

Menikmati ‘Golden Hour’ di Pantai Pok Tunggal

salzabillawp

On

Jika menyusuri pantai-pantai di Gunungkidul, tak lengkap rasanya bila tidak berkunjung dan menikmati sunset di Pantai Pok Tunggal. Pantai yang menyuguhkan panorama indah ini wajib untuk dikunjungi oleh pecinta golden hour terutama oleh para fotografer. Pantai Pok Tunggal beralamat di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta dan memiliki jalan akses yang sama dengan Pantai Indrayanti. Jadi tidak sulit untuk menemukan pantai ini yang sekarang telah ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Saya telah berkunjung ke Pantai Pok Tunggal pada tanggal 4 Mei, 2016. Pantainya berpasir putih, dan saya sangat suka. Kebetulan saat itu saya tiba disana saat pukul 17.30 WIB dan telah memasuki waktu senja. Jadi saya putuskan untuk segera mengabadikan pemandangan yang luar biasa seperti foto-foto (asli tanpa ada rekaan atau tambahan filter) di bawah ini.

Sangat indah dan memanjakan mata, bukan? Saya memutuskan untuk bermalam dengan tenda dome di sana. Saat itu cukup ramai dan banyak yang turut mendirikan tenda di sana karena waktu weekend. Namun, bermalam di tepi pantai Pok Tunggal bukanlah pilihan yang bagus. Tingkat abrasi di sana sangat besar sehingga menciptakan tepi yang curam. Terlebih ketika malam dan ombak pasang hingga ke daratan, menerjang tenda-tenda yang berdiri. Tenda saya pun sempat kena terjang ombak dan akhirnya harus dipindahkan ke dekat parkiran yang tidak begitu jauh dari tepi pantai. Walaupun begitu, Anda tetap dapat menikmati malam, suara ombak, dengan secangkir kopi di warung makan atau kios pinggir dekat tepi pantai yang buka hingga dini hari.

Tak hanya pemandangan laut, pada malam harinya pun Anda akan disuguhi oleh pemandangan galaksi Milky Way di langit. Saya sempat mengabadikan foto galaksi, namun karena keterbatasan lensa dan tidak ada tripod menghasilkan foto yang kurang maksimal. 

Apakah Pok Tunggal hanya memiliki keindahan panorama senja dan galaksi saja? Tidak! Pada pagi harinya, Anda wajib menyusuri sepanjang tepi pantai Pok Tunggal jika ingin naik ke atas Bukit Panjung. Di Bukit Panjung kita dapat menikmati pemandangan pantai dari atas.

Dari semuanya, saya puas menghabiskan waktu weekend di pantai Pok Tunggal yang menawarkan banyak sekali hal untuk bisa kita nikmati keindahannya meskipun pantai ini agak curam, serta memiliki tingkat abrasi dan ombak yang besar. Namun itu bukanlah masalah besar yang harus ditakutkan asal tetap berhati-hati.

Apakah pantai ini direkomendasikan untuk dikunjungi? Ya! Bahkan jika ada waktu lagi, saya ingin kembali mengunjungi pantai ini pada bulan-bulan Mei-Juli.

Semoga sedikit cerita pengalaman dari saya dapat membuang keraguan Anda untuk mengunjungi pantai ini. Mari tetap menjaga kelestarian alam Indonesia!



0 Comments

Be the first to comment.