LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

Mengecap Manisnya Rindu di Pekanbaru

eva-rosalyn

On

MENGECAP MANISNYA RINDU DI PEKANBARU

Pekanbaru merupakan ibukota Propinsi Riau yang terletak di Pulau Sumatera. Letaknya yang berbatasan langsung dengan Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Jambi, menyebabkan kota ini sarat akan budaya Melayu. Hal itu terlihat dari ornamen bangunan di tiap sudut kota, hingga makanan, yang tidak terlepas dari nuansa Melayu.

Ketika berkesempatan mengunjungi Pekanbaru, segeralah bergegas untuk merasakan manisnya kota ini. Ada beberapa tempat dan makanan khas yang wajib dikunjungi dan dicoba tentunya yaitu sebagai berikut:

ISTANA SIAK SRI INDRAPURA

Istana Siak Sri Indrapura terletak di sebelah Timur Laut dari kota Pekanbaru. Perjalanan kesana bisa ditempuh sekitar 2-3jam dari pusat kota. Istana ini merupakan istana peninggalan Kerajaan Siak yang selesai pembangunannya sejak tahun 1889. Sultan Siak terakhir adalah Sultan Syarif Kasim II yang tidak mempunyai keturunan. Karena tidak ada yang meneruskan tahtanya, maka Sultan Syarif Kasim II menyatakan kerajaannya bergabung dengan negara Republik Indonesia tidak lama setelah Indonesia merdeka.

Banyak sekali benda peninggalan masa lampau di istana ini, ada kursi emas, sepatu, mahkota, baju, berbagai macam keramik, kerajinan rangkai bunga dan masih banyak lagi. Semuanya mempunyai nilai historis. Karena tiap daerah mempunyai peninggalan budaya dan adat istiadat masing-masing, maka kita diajak untuk menghargai setiap budaya dan perbedaan yang ada.

JEMBATAN SIAK

Jembatan yang bernama asli Tengku Agung Sultanah Latifah ini menghubungkan Kabupaten Siak dan Kota Pekanbaru. Membentang di atas Sungai Siak dengan panjang 1.196 m. Dengan adanya jembatan ini akses ke Istana Siak menjadi makin mudah. Pembangunannya dimulai tahun 2002 dan pada tahun 2007 diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

KEBUN KELAPA SAWIT

Sepanjang jalan menuju Istana Siak di sebelah kanan kiri jalan terdapat perkebunan kelapa sawit. Tanaman utama penghasil minyak, baik untuk makanan maupun industri. Kebun kelapa sawit sangat banyak dijumpai di daerah Pekanbaru.

MESJID AGUNG AN-NUR

Mesjid yang berdiri megah di pusat kota di Jalan Hang Tuah ini sangat indah dinikmati pada malam hari dengan lampu-lampu yang bersinar temaram dari bangunan mesjid. Pada malam hari sungguh indah pantulan mesjid tersebut, terlihat dari permukaan kolam yang terdapat di halamam mesjid . Selintas seperti melihat Taj Mahal di India.

MAKANAN KHAS PEKANBARU

GULAI IKAN PATIN

Ikan patin merupakan sejenis ikan air tawar yang banyak terdapat di Pekanbaru. Berbagai masakan dengan bahan dasar ikan banyak dijumpai di sini. Salah satunya adalah Gulai Ikan Patin yang kuahnya sungguh terasa milky dengan perpaduan bumbu dan rempah yang kuat, menjadikan gulai ikan patin tidak ‘eneg’ atau amis saat disantap.

JUS JERUK TELUR

Menu minuman jus jeruk telur dijumpai di beberapa tempat makan di Pekanbaru. Jus jeruk telur rasanya sungguh nikmat, rasa amis dari telur tidak terasa sama sekali. Rasa keseluruhan bahkan mirip dengan milkshake orange. Telur tersebut sepertinya dikocok terlebih dahulu seperti saat akan buat adonan kue, kemudian dicampur dengan jeruk.

SATE RUSA

Sate Rusa terletak di daerah Simpang Tiga Pekanbaru. Satu porsi berisi sekitar 6 tusuk sate yang disantap dengan nasi dan bumbu kecap dengan campuran irisan bawang merah dan tomat. Tekstur daging rusa tersebut hampir sama dengan tekstur daging sapi. Selain menu utama Sate Rusa, juga ada menu Nasi Goreng Daging Rusa berupa nasi goreng seperti umumnya dengan tambahan daging rusa yang dipotong kecil-kecil.

LEMPOK DURIAN

Lempok durian adalah salah satu makanan khas Riau. Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari campuran tepung dan durian dibuat menjadi seperti dodol durian namun terksturnya lebih padat Memang banyak terdapat durian di Pekanbaru. Durian tersebut banyak yang didatangkan dari Bukittinggi, Sumatera Barat.

NANAS

Nanas di Pekanbaru tergolong manis dengan daging buah yang tebal, terasa segar apabila dimakan pada siang hari yang terik. Banyak juga dijumpai di toko oleh-oleh, nanas yang sudah dikeringkan menjadi keripik nanas khas Pekanbaru. Untuk buahnya, banyak dijumpai di sepanjang jalan yang menuju ke arah Sumatera Barat.

Itulah tempat dan makanan khas di Pekanbaru yang bisa menuntaskan manisnya rindu akan suasana khas Melayu.



0 Comments

Be the first to comment.