LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

Lost in Kawah Putih

fikrisurbakti

On

Kawah Putih adalah sebuah tempat wisata di Jawa Barat yang terletak di kawasan Ciwidey. Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna. Kawah ini berada pada ketinggian +2090 m dpl dibawah puncak/titik tertinggi Gunung Patuha.

Untuk sampai di kawah putih pengunjung bisa menggunakan route perjalanan sebagai berikut: Pengunjung dari luar Bandung yang menggunnakan kendaraan roda empat dapat melewati jalur pintu Keluar Tol Kopo, melewati sayati dan dilanjutkan ke Soreang, dari soreang dilanjukan ke Ciwidey dan sampailah di lokasi kawah putih. Route alternatif bisa menggunakan jalur tol Buah Batu.

Sedangkan bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan umum, akses ke kawah putih ditempuh dengan menggunakan jalur terminal Leuwi Panjang - dilanjutkan ke terminal Ciwidey - lokasi Kawah Putih

Lost in Kawah Putih-Bandung-Lakes, Rivers, and Waterfalls-Mountains, Hiking, and Trekking-fikrisurbakti

Photo Credit : Windy Apriliani

Berapa harga tiket masuk ke Kawah Putih Bandung tahun 2015?

Harga atau tarif terbaru tiket masuk obyek wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung adalah Rp. 18.000,- per orang. Harga tiket ini berlaku untuk semua wisatawan domestik. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara / Turis Asing (WNA) tarifnya adalah Rp 50.000,- / orang.

Tarif / Biaya Parkir Kendaraan (Jasa Lingkungan)

Ada dua tempat parkir yang disediakan bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, yaitu tempat parkir bawah yang berada di dekat gerbang masuk dan tempat parkir atas dekat lokasi kawah.

Tarif Parkir Bawah :

- Tarif Parkir motor atau roda 2 adalah Rp 3.000,-

- Kendaraan mobil roda empat tarifnya sebesar Rp 6.000,-

- Kendaraan roda enam / bus tarifnya sebesar Rp 25.000,-

Jika mobil di parkir di bawah untuk sampai lokasi harus dilanjutkan dengan menaiki ontang-anting dengan tarif seperti yang akan di jelaskan selanjutnya.

Tarif Parkir Atas :

Kendaraan Roda empat / mobil adalah Rp. 150.000,-

Untuk parkir di atas akan dikenakan biaya yang cukup mahal, namun tentunya tidak perlu biaya lagi untuk ontang-anting karena sudah berada di pinggir kawah,. Analoginya begini, jika mobil travel yang anda naiki berjumlah 10 orang maka Rp 150.000 dibagi 10 orang sama dengan 15.000, ini sama dengan biaya yang dikeluarkan untuk jasa ongkos ontang-anting.

Tarif Angkutan Wisata (Onang Anting)

Tarifnya adalah Rp 15.000/orang unuk dua kali jalan (Pulang dan Pergi /PP), mobil ini akan mengantar setiap pengunjung dari pintu gerbang (yang memarkir kendaraannya di tempat parkir bawah) ke lokasi kawah. Istilah Ontang Anting diambil dari bahasa sunda yang berarti mondar mandir.

Bagi anda yang menggunakan roda motor maka wajib menyimpan kendaraannya di tempat parkir bawah. Dari Parkir bawah dekat pintu gerbang ke lokasi pinggir kawah (dekat parkir atas) jaraknya masih cukup jauh sekitar 5 Km, dengan medan yang menanjak tentu tidak mungkin untuk ditempuh dengan berjalan kaki. Kecuali bagi anda yang suka berpetualang dengan berjalan kaki. Namun demikian pengunjung tidak perlu khawatir sebab untuk sampai dilokasi telah disediakan alat transportasi yang bernama ontang anting dengan tarif Rp 15.000/orang PP.

Lost in Kawah Putih-Bandung-Lakes, Rivers, and Waterfalls-Mountains, Hiking, and Trekking-fikrisurbakti

foto perjalanan menuju Kawah Putih Photo Credit : Windy Apriliani

Lost in Kawah Putih-Bandung-Lakes, Rivers, and Waterfalls-Mountains, Hiking, and Trekking-fikrisurbakti

foto jalan menuju kawah putih Photo Credit : Windy Apriliani

Beberapa tips dari penulis buat yang mau main ke sini sesuai pengangalaman penulis :

- Bawa jaket yang tebel karena di sini dinginnyaampun-ampunanan

- Bawa payung karena di sini ujannya suka tiba-tiba nggak bisa diprediksi. Kalau nggak punya ya gapapa sih. Di sana ada kok yang nyewain payung tapi saran penulis sih bawa aja sendiri jadi nggak perlu repot balikin lagi ntarnya

Buat yang nggak kuat sama bau belerang, penulis saranin bawa masker karena di sana bau belerangnya nyengat banget

- Bawalah baju ganti karena takut kebasahan karena keujanan

- Nggak perlu bawa makanan dsb karena di sana bukan tempat yang cocok buat piknik2 cantik

- Buat yang demen foto-foto, jangan sungkan buat explore!! banyak hidden spot!

- Consider your time to go there. Why? Karena air Kawah Putih punya masa Pasang dan Surut. Jadi tergantung kalian mau foto apa, kalau foto Kawah Putih berkabut, datanglah musim hujan sedangkan kala mau ekspos hijaunya belerang Kawah Putih, datanglah musim kemarau. Penulis kasih contoh foto Kawah Putih saat kemarau hasil jepretan pacar penulis hehe

FOTO KAWAH PUTIH PADA MUSIM KEMARAU

FOTO KAWAH PUTIH PADA MUSIM HUJAN

Last but not least ya, penulis mau berpesan, mohon dijaga ya kelestarian dan kebersihan lokasi wisata ini karena kalau bukan kita siapa lagi? :)

Untuk melihat hasil karya kami, silahkan cek id instagram @fikrisurbakti & @windyaprln

Note : beberapa foto adalah milik Windy Apriliani. Jikalau photo tidak tercantum photo credit, berarti photo tersebut ialah hasil karya penulis pribadi.

HAVE A GREAT JOURNEY AHEAD!



2 Comments