LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

KALIADEM : ANOTHER SIDE OF MERAPI

abbaqq

On

Oke kali ini saya akan membagikan cerita perjalanan saya ke sungai yang gak mau dibilang sungai, ke tempat tinggi nan dingin di daerah yogyakarta, Kaliadem.

Saya gak pernah nyangka akhirnya bisa kesampean juga ke sini, karna keinginan saya ini sudah dari dulu, dulu banget, jaman dimana sebelum blog ini dibuat *wiiihlamakan

Kaliadem adalah suatu kawasan hutan pinus seluas 25 hektare dengan ketinggian 1100 meter di atas permukaan laut, di lereng selatan Gunung Merapi. Kaliadem berada dalam wilayah administratif Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, ± 25 - 30 km utara Kota Yogyakarta. Kawasan ini memiliki udara sejuk dan memiliki banyak keindahan dan keunikan alam. Keberadaan Gunung Merapi dengan fenomena vulkaniknya, morfologi gunung dan lembahnya, hutan alam dengan keanekaragaman flora dan fauna serta kondisi sosial budaya yang unik merupakan potensi yang sangat besar untuk kegiatan wisata alam (ekowisata). *wikipedia.

Dari namanya aja kita pasti udah tau kalo disini bakalan bikin adem, dari jiwa, raga, pikiran, dan mantan *ehh adeeem bangetlah pokoknya.

Tapi disini gak ada kalinya alias sungainya, ya ada sih kayak bekas sungai gituh cuman udah gak ada airnya, mungkin bocor *hmm

Karna ini pertama kali saya kesini, gak tau arah juga tujuan *kosong *etsdah dan dengan berbekal petunjuk temen dan arahan google maps, yeah kita nyasaaar brooh, buatinfoajakamiberangkatdarijogjapagijamlimaan ya terpaksa kita ngasal aja managakadasinyallagi wait ada orang.

"misi mas, kalo mau ke kaliadem lewat mana yah?"

"ini lurus aja dek, ikutin truk"

ngikutin truk???

sorry mas first never follows

*senyumjahat

Akhirnya kami sampe ditambang tempat truk berhenti, yah kami gak ngikutin cuman jalan berdampingan aja, ya kalian taukan truk dikiri, kami dikanannya, gak ngikutin, kebetulan aja jalannya searah *hahaha

Sampe ditambang kita nanya lagi,

"kaliadem? disebelah sana, bukan disini"

gak tau nunjuk kemana

"kalo kalikuning iya lewat sini"

entahlah bang

yup, kita nyasar.

Buat info aja ni ya, kalo kalian make peta google, jangan 100% percaya, paling gak pas nyampe 80% perjalanan, tanya aja ke orang ditemui, itu lebih efektif, kenapa ya karenaehkarena peta google ini menunjukkan jalan yang terpendek atau tercepat tanpa melihat jalan yang ada, maksudnya gak peduli jalan kecil, besar, jalan tikus, jalan kucing, harimau, badak, dinosaurus yang penting jalan tersebut cepat sampe tujuan, so hati-hati aja dikerjain ni peta hahaha .

Perjalanan kesini sebenarnya hanya perlu waktu satu jaman aja menurut Peta Google tapi dikarnakan kesalahan teknis dan lain sebagainya kami minta maaf (baca:nyasar) dua jam lebih baru kami nyampe, ya gak papa sih, kan *getlost *getlostmukamu

Dan akhirnya setelah jalan sini nanya lagi jalan sana sesat lagi kami sampai juga di kali yang bersertifikat adem ini. dan wow ini keren broh

Kereeeeeen bangeeeeeet malah

kalo menurut saya kaliadem ituuuu, "tempat pelarian dari deadline tugas dosen" hahahaa bener broh, suwer deh yaelah gak percayaan amat.

Buat kalian yang mau kesini saya saranin subuh, karena sunrise disini katanya super epic, meskipun kami gak sempet liat (baca:nyasar)

Dan kami baru tau kalo jalan menuju tempat ini ada jalur yang normal dan abnormal, tebak saja kami ngambil jalur yang mana, yup (baca:nyasar)

Tapi kalo kalian ngambil jalur normal, kalian gak bisa bawa motor atau mobil kalian ke dalem sini, soalnya kalian diharuskan nyewa jeep atau ngojek dari depan, agak mahalan sih buat kami yang mahasisa gini, ojek sekitaran 20-30 ribuan dan jeep 350-500 ribuan, well untuk lebih lengkapnya cek sini borobudursunrise , ada tapinya lagi nih, kalo kalian ngambil jalur abnormal (baca:nyasar) kalian bebas bayar retribusi, bukannya nyaranin sih cumankankitagaktahupertamakalikesinicuy. dan tapinya lagi kalo kalian pake motor jangan pake matic, medanberatbroh.

and, enjoy the vibes.



1 Comments

  • AbdJafar - 5 months ago
    keren bro! foto pake kamera apa bagus gitu?