LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

Jelajahi Surga Tersembunyi – Keunikan Pantai Duta

vidya-kusherawati

On

Probolinggo merupakan salah satu kota di Jawa Timur. Probolinggo terletak di pingir pulau Jawa, sehingga tak heran bila Probolinggo memiliki banyak wisata pantai maupun mangrove. Meski tidak begitu terkenal seperti pantai-pantai di daerah Bali maupun Lombok, namun keindahan pantai-pantai di Probolinggo juga tidak kalah menarik. Pantai Randu Tatah atau yang biasa disebut pantai Duta misalnya. Terletak di pinggir pantai Paiton atau tepatnya di desa Randu Tatah.Pantai Duta memiliki keunikan tersendiri yang dapat menarik wisatawan untuk hadir.

Perlu diketahui bahwa Pantai Duta pantai Duta merupakan pantai Konservasi Alam yang ada di desa Randutatah kecamatan Paiton yang dikembangkan oleh Jawa Power YTL bersama dengan warga desa setempat pada tahun 2014. Dan kini tata kelola ruang yang ada di pantai Duta juga sudah diperhatikan oleh pemerintah kabupaten Probolinggo. Terbilang baru, namun pantai Duta ini sudah banyak menarik pengunjung dari berbagai daerah untuk berwisata.

Akses Lokasi Menuju Pantai Duta

Lokasi pantai Duta yang berada di pedesaan membuat akses jalan menuju pantai Duta bisa dibilang masih belum memadai. Hal ini dikarenakan jalan menuju pantai duta terletak didekat area persawahan warga, sehingga jalannya lumayan sempit, sehingga jangan berharap anda bisa kebut-kebutan di sini. Kemudian memasuki area menuju gerbang pantai Duta, kondisi jalannya mulai terjal, banyak bebatuan yang mungkin sedikit mengganggu perjalanan anda, hal ini karena kondisi jalan tersebut masih belum di aspal. Gerbang untuk memasuki area pantai sangat unik, ada yang berbentuk celurit (sabit) yang mencerminkan kebudayaan masyarakat setempat, uniknya lagi saat malam telah tiba, lampu yang ada pada gapura tersebut menyala dengan menggunakan teknologi sel surya, luar biasa bukan. Lahan parkir untuk mobil maupun motor yang disediakan cukup luas. Area parkir tersebut melewati tempat berjualan warga setempat, yang mana anda bisa membeli makanan ringan atau minuman, bila anda tak sempat membawa bekal perjalanan. Tiket masuk, uang parkir, dan makanan yang ada di sana dijual dengan harga yang sangat terjagkau.

Keunikan Pesona Keindahan Pantai Duta

Awalnya saya berpikir bahwa pantai Duta ini sama seperti pantai-pantai lain yang pernah saya kunjungi. Saya berpikir mungkin saya akan disuguhkan dengan hamparan pasir putih dan birunya air laut. Ternyata dugaan saya salah besar! Saya tidak menemukan pasir putih sama sekali. Pantai Duta bebeda dengan pantai pada umumnya, pantai Duta menyuguhkan hamparan pasir hitam. Pantai dengan pasir hitam di dunia ini masih terbilang cukup unik dan langkah, karena pada dasarnya pasir pantai berwarna putih. Pasir hitam ini bisa berasal dari lava gunung yang sudah meletus beberapa tahun yang lalu. Air dari pantai ini pun berbeda warnanya dari pantai yang lain, airnya berwarna kecoklatan karena ombaknya membawa pasir hitam. Anda bisa bermain bermain ombak ataupun berjemur, karena tempat ini memiliki sinar matahari yang cukup terik. Ini merupakan keunikan pantai Duta yang selanjutnya. Apabila anda lelah dan hanya ingin menikmati pemandangan saja, anda bisa duduk di bawah pepohonan cemara yang ada di pinggiran pantai. Kebanyakan pantai terkenal dengan suguhan pepohonan kelapa. Namun tidak dengan pantai Duta. Pantai Duta merupakan hutan lindung cemara. Unik sekali bukan.

Spot Foto yang "Instagramable"

Yang terkenal di pantai Duta adalah "ayunan laut" yang menjadi sasaran bagi para pecinta fotografi atau selfie, hal ini dikarenakan ayunan laut tersebut sangat "instagramable" atau bisa dibilang kekinian. Namun, ayunan laut ini biasanya hanya dapat digunakan saat sore hari menjelang matahari terbenam, karena ayuanan laut ini memiliki tangga yang cukup tinggi dan hanya bisa dinaiki saat air laut surut pada sore hari. Bagi orang tua yang membawa anak-anak bisa membawa anak-anaknya pada spot area bermain. Di sana menyediakan wahana permainan anak-anak. Bisa juga membawa anak-anak untuk berenang di tepian pantai karena ombak tidak begitu besar. Anda bisa menyewa pelampung atau ban untuk keselamatan anak. Pengunjung juga bisa menaiki perahu secara gratis. Bila beruntung, anda dapat melihat kawanan hiu paus dan ubur-ubur yang berenang di tepi pantai. Ada pula spot tebing yang tidak terlalu tinggi, namun tidak berasal dari batu besar, melainkan dari gundukan tanah yang padat ditambah dengan rerumputan menambah kesan natural dan eksotis foto anda. Ada pula spot yang mirip seperti puing-puing runtuhan bangunan. Wisatawan yang baik turut menjaga kelestarian alam, langkah konkrit kecilnya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Jangan tinggalkan sampah di tempat wisata, tinggalkan jejak kaki dan kenangan saja.

Keunikan dan keindahan alam merupakan anugerah dari Tuhan, manusia sebagai makhluk berbudi yang diberi amanah menjadi pemimpin di muka bumi wajib menjaga dan merawat alam. Biarkan anak cucu kita menikmati keindahan alam dan mengagumi keagungan sang Maha Pencipta.
Jelajahi Surga Tersembunyi – Keunikan Pantai Duta--Guidebook With A Twist-Vidya Kusherawati

pepohonan cemara yang teduh

Jelajahi Surga Tersembunyi – Keunikan Pantai Duta--Guidebook With A Twist-Vidya Kusherawati

pemandangan pantai dengan pasir hitam. anyway, fotonya membelakangi cahaya alhasil warna jepretan kurang oke

Jelajahi Surga Tersembunyi – Keunikan Pantai Duta--Guidebook With A Twist-Vidya Kusherawati

abaikan orang dengan pose super real candid. Fokus pada warna air pantai dari coklat hingga biru

Jelajahi Surga Tersembunyi – Keunikan Pantai Duta--Guidebook With A Twist-Vidya Kusherawati

look at my pict! the view of the beach look so instagramable. So what are you waiting for, let go there

Jelajahi Surga Tersembunyi – Keunikan Pantai Duta--Guidebook With A Twist-Vidya Kusherawati

anda bisa berlarian dan bermain ombak dengan sahabat atau pasangan anda, atau sekedar merasakan deburan ombak di kaki, hehehe



1 Comments

  • amirmahmud - 2 weeks ago
    Wah pantainya keren sekali, dan baju yang Mbak kenakan sopan sekali :)