LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

Magnificent Panorama Ijo Temple

anggariezky

On

"Om Sarwwawinasa, Sarwwawinasa. Om Sarwwawinasa, Sarwwawinasa."

Salah satu karya yang menyimpan misteri adalah dua buah prasasti yang terletak di bangunan candi pada teras ke-9. Salah satu prasasti yang diberi kode F bertuliskan Guywan atau Bluyutan berarti pertapaan. Prasasti lain yang terbuat dari batu berukuran tinggi 14 cm dan tebal 9 cm memuat mantra-mantra yang diperkirakan berupa kutukan. Mantra tersebut ditulis sebanyak 16 kali dan diantaranya yang terbaca adalah "Om Sarwwawinasa, Sarwwawinasa." Bisa jadi, kedua prasasti tersebut erat dengan terjadinya peristiwa tertentu di Jawa saat itu. Apakah peristiwanya? Hingga kini belum terkuak. Yunanto Wiji Utomo

Terlepas dari mitos yang menyelimuti Candi Ijo, Lokasi wisata ini menurut saya menyimpan banyak hal menarik. So, move on bahas apa yang menarik dari Candi Ijo aja yuk..

Bersama 200+ Instagramer Jogja, WWIM10 dengan venue Candi menjadi pengalaman yang sangat menarik dan menyenangkan. Acara yang diadakan tanggal 4 Oktober 2014 itu cukup membuat kita nggak bisa ngelupain setiap gimana serunya acara itu. Serius, di tengah teriknya jogja dan igers yang ramah dan inspiratif. acara WWIM10 tahun lalu jadi acara tahunan instagram yang luar biasa.

Ijo Tample And Landscape

Candi Ijo terletak di bukit Ijo , Nglengkong dusun , dusun Groyokan , Desa Sambirejo , Kecamatan Prambanan , Kabupaten Sleman , Yogyakarta . Hal ini di sisi selatan kompleks Istana Ratu Boko .

Letaknya di atas bukit (Bukit Ijo) membuat candi ini menjadi lokasi yang sangat romantis. Selain kamu bisa melihat bentangan landscape seantero jogja, kamu juga bisa merasakan charmingnya candi ijo dari atas bukit.

Kalau di ulas lagi, dari Timur Laut kamu bisa melihat pemabndanagn Kota Klaten, sebelah selatan tebing dan lembah hijau piyungan. Arah Barat merupakan pemandangan hijau lapangan dan Bandara Internasional Adisutjipto. Bahkan pemandangan Gunung Merapi dan Candi Prambanan juga dapat dilihat dari kompleks Candi Ijo .

The top temple yard (11th terrace)

Candi ini terdiri dari 17 konstruksi yang terletak di 11 teras . Candi utama terletak di titik tertinggi dari kompleks . Teras 11 ini adalah satu-satunya yang telah dipulihkan . Teras lainnya masih dalam proses pembangunan. Namun jangan khawatir, teras inilah yang menurut saya paling menarik karna letaknya paling atas.

Banyak hal menarik yang bisa kamu dapat selain pemandangan landscape. Candi Ijo memiliki relief yang tidak kalah dengan beberapa candi lain di jogjakarta. 

Another Free Entrance

Yeah, kalau kemarin Candi Kalasan tiket masuknya gratis, nah ini bisa jadi duel trip yang bakal bikin kamu tambah semangat buat ngetrip candi di jogja. Di buka dari pukul 7.30-15.00 WIB kamu bebas keluar masuk candi tanpa biaya retribusi. FYI : tetep ngeluarin uang sih tapi cuma buat parkir.

Saran, bagi yang ingin berlama-lama dilokasi. Jangan lupa bawa cemilan dan air mineral ya. Apalagi kalau datang di siang hari, terik mataharinya cukup bikin kamu bakal kehausan. (Di lokasi karna belum di kelola dengan baik, masih jarang warung yang menjajakan air mineral).

Kendaraan Pribadi Lebih Seru


Paling aman kelokasi dengan kendaraan sendiri. Lokasinya tidak susah dicari, namun saran saya bawa motor atau mobil akan lebih nyaman. 

Dengan transportasi umum : Ambil Transjogja rute 1A atau 1B dan berhenti di shelter Prambanan . Perjalanan ke kuil dapat dilanjutkan dengan mengambil ojek ( taksi motor ).

Dengan kendaraan pribadi : Cek lokasi di GPS gampang kok. Berangkat dari pusat Kota Yogyakarta , kepala ke timur untuk rute ke Candi Prambanan . Sesampainya di persimpangan Prambanan atau pasar Prambanan , belok kanan di lampu lalu lintas . Terus lurus selama sekitar 15 menit sampai menemukan tanda jalan yang menunjukkan arah ke kuil Ijo . Ikuti tanda jalan sampai menemukan candi .

More Photos Check My Instagram : @anggariezky



0 Comments

Be the first to comment.