LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

I.N.Y.O.N.G Jelajah Kabupaten Tegal

jatipatrio

On

Kembali lagi cerita liburan saya tahun ini pada bulan Juli 2015. Yang mana setelah aktifitas berlebaran masih terasa hangat dan menyenangkan. Saya pun berkempatan menjelajahi sudut wilayah jawa tengah. Kali ini saya jalan - jalan ke daerah Kabupaten Tegal. Tidak terlalu jauh dari Kabupaten Tegal, terdapat beberapa lokasi wisata yang saya kunjungi. Salah satunya adalah Taman Wisata Guci Indah, kaki gunung Slamet yang berjarak kurang lebih 30 KM dari Kota Slawi Ibu kota Kabupaten Tegal itu sendiri. 

Adapun terdapat tempat pemandian air panas di sekitar wisata guci, tapi saya lebih memilih untuk berkeliling ke daerah yang mungkin sudah umum namun mengandung makna sendiri bagi saya. Dengan sudut pandang yang berbeda saya tidak lupa mengabadikan sekitar pemandangan yang ada disamping kanan dan kiri jalanan puncak tersebut. Air terjun, aktifitas orang sekitar dan juga elemen - elemen kecil lainnya. Tidak jauh dari wisata guci tersebut, masih ada sudut bidik lainnya. Jembatan sungai gung, bentuk jembatan yang menurut saya cukup unik. Jembatan ini adalah penghubung dari satu desa ke desa lainnya. 

Lanjut untuk keesokan harinya, saya menelusuri sebuah waduk yang bisa dikatakan juga bersejarah. Luas area waduk adalah 928,7 hektar dan berisi air sebanyak 90 juta m³. Waduk ini didukung dengan latar belakang pemandangan hutan dengan panorama yang indah. Waduk cacaban ini digagas pada sekitar tahun 1914 dan dibuat perencanaan matangnya pada tahun 1930 oleh pemerintah kolonial Belanda. Dan diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1952. 

Waduk Cacaban juga salah satu objek wisata andalan Kabupaten Tegal. Terdapat juga tempat pemancingan pada tepi waduk dan banyak juga akses jalan untuk sekedar berkeliling wilayah waduk tersebut dengan mengendarai sepeda motor atau pun mobil. Bahkan jika ingin mengelilingi area waduk tersebut bisa juga dengan menyewa perahu yang beroperasi melayani pengunjung untuk menikmati pemandangan waduk tersebut. Dan masih banyak lagi fasilitas - fasilitas yang bisa kita gunakan dengan baik di waduk tersebut. 

Demikianlah cerita singkat saya pada suasana bulan syawal yang hangat penuh kemenangan. Semoga menjadi inspirasi bagi semua member Journesia dan penjelajah - penjelajah Indonesia. 



1 Comments