LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

Hilangkan Penat di Teluk Kiluan

jatipatrio

On

Sejenak menghilangkan penat dari aktifitas ibu kota yang hamper tidak ada hentinya bagi saya. Beralih berlibur ke suatu tempat yang bisa membuat rileks otak saya. Teluk kiluan menjadi destinasi liburan kami. Terletak di bagian pulau sumatera kabupaten Lampung. Jarak yang ditempuh cukup jauh karena kami memilih untuk menggunakan jasa transportasi darat dari Jakarta menuju Teluk Kiluan. Dimulai dengan tujuan kami ke pelabuhan merak, menyeberangi dengan kapal dalam total waktu tempuh 6 jam ke pulau sumatera. Dan kembali dilanjutkan 5 jam perjalanan ke Teluk Kiluan. Tidak ada kendala dalam perjalanan kami, namun kami susah untuk beristirahat dengan tenang karena jalan yang tidak mulus. Rasa kantuk, jenuh dan penasaran pun terbayarkan saat kami tiba tepat pada waktu fajar di Teluk Kiluan. Memang elemen – elemen yang diciptakan oleh sang kuasa tidak bisa diganti dengan apapun. Selanjutnya kami mempersiapkan barang bawaan dan juga siap bersantap sarapan. Saya pun tidak sabar untuk mengabadikan suasana seputar kiluan. Pantai Laguna, adalah salah satu sudut pemandangan indah yang kami singgahi sebelum ke lokasi penginapan. Sungguh memanjakan mata ketika kami sampai di pantai laguna, kami pun asyik dengan kesibukan masing – masing. Mulai dari bermain air hingga mengabadikan pantai tersebut dan juga tidak lupa foto bersama.

Wisata alam kali ini tidak hanya kami habiskan di pantai laguna saja. Kami pun berlanjut menuju penginapan yang sudah disediakan oleh pihak dari jasa wisata. Sesampainya di penginapan, kami lagi – lagi melanjutkan aktifitas lainnya. Snorkeling yang tidak jauh dari bibir pantai. Terbentang karang – karang yang berwarna – warni dan aneka macam ikan yang sibuk bermain di dalam terumbu karang tersebut. Kami semakin terhanyut dalam pesona indahnya eksplorasi di bawah bibir pantai.

Aktifitas lainnya, kami isi dengan pesta barbeque dengan menu ikan laut yang segar. Sambil menceritakan pengalaman satu dengan lainnya. Malam itu pun menjadi salah satu media keakraban kami yang sudah lebih dari setahun bersama merantau di ibu kota. Canda tawa pun kami nikmati bersama dengan beberapa hidangan makanan lainnnya.


Keesokan harinya saat fajar setelah mengistirahatkan badan, kami kembali berkumpul di bibir pantai. Pagi yang ditunggu – tunggu untuk menyaksikan kelompok lumba – lumba yang beraktifitas di sekitar tengah laut. Tidak lupa kami membagi menjadi 3 kelompok dan mempersiapkan kamera untuk mengabadikan keunikan dari lumba – lumba tersebut. Tidak juga lupa, sambil menanti munculnya lumba – lumba tersebut saya dan teman satu perahu juga mengabadikan sunrise dari balik bukit yang tersusun rapi dan menarik. Kuning keemasan yang ditimbulkan dari matahari tersebut semakin menyadarkan saya bahwa Indonesia memang negri yang penuh pesona. Penantian kami pun terwujud, segerombolan lumba – lumba itu muncul sambil beratraksi bersamaan dengan lumba – lumba lainnya. Konon katanya, bagian dari samudera hindia ini sangat dipenuhi oleh kelompok lumba – lumba hingga sering juga beraktifitas di dekat bibir pantai. Ada dua jenis lumba-lumba di perairan ini, spesies pertama adalah lumba-lumba hidung botol (Tursiops Truncatus) dengan badan yang lebih besar dan pemalu. Spesies yang kedua adalah lumba-lumba Paruh Panjang (Stenella Longirostris) yang bertubuh lebih kecil dan senang melompat. Terik matahari pun mengharuskan kami kembali ke bibir pantai, dan perut sudah mulai keroncongan. akhirnya pun kami tiba lagi di penginapan yang sudah terhidang masakan untuk kami santap. Menjelang siang, kami pun melekaskan diri mengemas barang - barang bawaan karena sudah akan kembali ke ibu kota. Sejenak kami mengabadikan momen - momen lucu di Teluk Kiluan untuk terakhir kalinya. Tidak ingin terlalu cepat, namun kewajiban mengharuskan kami untuk bergegas pulang.

Cukup menyenangkan, semoga kebersamaan kami tidak hanya berakhir di Teluk Kiluan saja. Saya berharap keakraban kami semakin erat layaknya seperti hubungan keluarga yang hadir untuk suka dan duka. Semoga juga, ada tahun berikutnya kami pergi ke satu tempat yang mengagumkan mata, hati dan pikiran.

COLORFUL.....SIAP SEMANGAT!!!!

https://www.youtube.com/watch?v=__kzOrN4tPA



2 Comments