LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

Gunung Munara-A Little Escape

tuhfah-amaliah

On

Gunung Munara adalah salah satu gunung yang terletak di Rumpin, Kabupaten Bogor. Letaknya jika dari kota Bogor memakan waktu 2-3 jam perjalanan. Gunung yang lebih cocok di sebut bukit ini, akhir-akhir menjadi salah satu destinasi yang mulai ramai dibicarakan di instagram.

Dari rumah saya sendiri hanya memakan waktu satu jam perjalanan dengan menggunakan motor. Saya sendiri sudah lama mendengar nama gunung Munara. Namun hanya baru pada awal 2015 ini berkesempatan kesana. Akses yang saya lalu yaitu, dari arah pasar Parung, lalu ambil jalan menuju rumpin. dari situ jalan lurus terus sampai menemui pertigaan. Ke arah kiri menuju Ciampea dan arah kanan menuju Rumpin (Gunung Munara)

Dari sini jalanan sudah mulai rusak. Mungkin karena menjadi akses mobil-mobil truk besar. Harus berhati-hai karena jalan berlubang dikanan-kiri

Selanjutnya kita akan menemui papan nama "Situs Gunung Munara". Ikuti papan penunjuk. dan kita akan menemui jalanan melewati rumah-rumah penduduk. Tempat masuknya ditandai dengan banyaknya motor dan tempat parkir kendaraan

Saat akan masuk kita akan dimintai biaya masuk sebesar 10.000 dan biaya parkir 5.000 (waktu itu pergi saya pergi berdua dengan teman membayar 15.000 untuk dua orang)

Perjalanan dilanjutkan melalui rumah penduduk. Lalu jembatan. Dan berlanjut kembali melalui jalan setapak yang jelas terlihat. Jika tidak mengetahui jalan bisa bertanya pada warga yang mendirikan warung-warung di sepanjang pos, atau menggunakan guide lokal (biasanya anak kecil sekeliling gunung munara)

Ini adalah puncak dari gunung Munara. Untuk sampai kesini saya sendiri memakan waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam pendakian. Jalur pendakian cenderung menanjak diselingi beberapa bonus.

Disepanjang jalur, bisa ditemukan beberapa gua yang katanya biasa digunakan sebagai petilasan. Konon katanya Ir. Soekarno suka ke sini.

masih dari puncak munara.

Di gunung Munara ini juga terdapat beberapa spot foto. Selain ada puncaknya, ada juga batu yang dapat kita naiki. Di batu tersebut sudah terdapat tali yang untuk keperluan memanjat. Letak batu ini ada sebelum menaiki puncak Munara. Ada beberapa batu lain, tapi saya sendiri belum exploe lebih jauh.

Batunya lumayan tinggi, tapi pemandangan dari atas worth it :) tapi harus berhati-hati karena puncak batunya bukan berupa batu yang lapang.

Spot yang berbeda dari yang sebelumnya. Disini batunya lebih besar dan lebih lapang.

Saran dari saya untuk ke gunung Munara ini, lebih baik dilakukan sejak pagi hari, karena cuaca belum terlalu panas. Dan foto yang dihasilkan bisa lebih bagus :)

Di sini juga bisa didirikan beberapa tenda. Waktu saya ke sana ada beberapa orang yang mendirikan tenda. Tenda bisa didirikan di puncak ataupun di pos sebelum puncak. Untuk di puncak sendiri dimungkinkan 2-3 tenda. sedangkan di pos sebelum puncak tanah lumayan lapang jadi bisa menampung lebih dari 3 tenda.



0 Comments

Be the first to comment.