LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

Festival Kampung Tawangsari, Tempoe Doloenya Sumbersari Malang

awan-putraa

On

Salah satu cara untuk bangga kepada Indonesia adalah dengan mengenang Bentuk Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan. Salah satunya dengan dibuatnya Festival Tempoe Doloe.

Terletak di di Balai RW. I Kelurahan Sumbersari, Kota Malang ini digelar Festival Kampung Tawangsari , Tempoe Doloenya Sumbersari. Letaknya yang strategis dekat dengan Universitas Brawijaya dan Universitas Islam Negeri Malang membuat Festival ini sangat ramai dikunjungi. Acara ini telah digelar dua kali dan akan rutin diadakan setiap Tahunnya. Acara ini dimulai semenjak hari rabu, 20 September 2017 sampai hari Minggu, 24 September 2017 pukul 19.00 - 21.00 WIB.

Cemilan Gratis

Festival ini menyajikan Pasar Tradisional , Stan Pameran, Acara acara adat, Ngopi Bareng, Nontong Bareng Film Sejarah dan yang paling utama disini adalah banyaknya cemilan gratis. Mulai dari kacang-kacangan , Ubi dan Singkong, Kue kue adat, Tahu Petis , Jahe hangat dan yang paling utama disini adalah Jenang yang masih hangat.

Jenang ini jadi hidangan spesial gratis karena Jenang ini dimasak semenjak acara dimulai dan selesai dimasak di tengah tengah acara. Jadi untuk menikmati jenang ini harus menunggu berjam-jam atau bisa datang di tengah acara. Tapi dengan menunggu itulah sensasi kenikmatannya ada karena dengan begitu kita bisa merasakan bagaimana lelahnya membuat jenang yang enak ini.

Permen Lucu

Dari sekian banyak jajanan disini aku lebih suka dengan permen ini. Selain murah bentuknya unik dan menggemaskan, harganya juga sangat murah. Untuk permen yang sudah dibentuk dengan cetakan harganya Rp. 2000 dan untuk permen yang dibentuk dengan bentuk yang menggemaskan dan rumit harganya Rp. 5000. 

Selain itu keunikan dari permen ini adalah dari Pembuatnya. Bapak Penjual permen ini selain membandrol permen ini dengan murah, dia bisa membentuk permen serumit mungkin tanpa perlu cetakan. Seakan akan dia telah paham polanya seperti bunga, bentuk hati, Angsa dang sebagainya. Selain itu keunikan lainnya adalah bahwa adonan permen tersebut masih panas. Aku masih bisa merasakan panasnya ketika permennya telah terbentuk , dan bisa dibayangkan bagaimana panasnya adonan tersebut dibuat dengan tangan kosong. Kita bisa merasakan bagaimana membuat jajanan Tempo Doloe ini hanya untuk sebuah permen.

Galeri Tempoe Doloe

Jika di luar balai desa terdapat Stan Pameran dan Acara acara adat lainnya . Di dalam balai desa terdapat Galeri Tempoe Doloe. Di Galeri tersebut terdapat berbagai macam Barang barang Tempoe Doloe mulai dari Sepeda Antik, foto foto ketika Perjuangan Kemerdekaan dan Masyarakat Sumbersari Tempoe Doloe sampai Senapan dan Senjata yang digunakan ketika berperang.

Di Festival ini kita bisa menghargai bagaimana Masyarakat Tempoe Doloe mempertahankan Kemerdekaan kita sehingga kita bisa Merdeka sampai saat ini. Setidaknya dengan menghargai Festival Kampung Tempoe Doloe dimanapun di seluruh Indonesia, maka kita telah menghargai Jasa Para Pahlawan kita dan terutama adalah salah satu bentuk wujud kebanggan kita terhadap Indonesia :)



4 Comments