LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

Enjoy The Double Sun in Exotic Mengkudu Island

yaqubalabror

On

Alam Indonesia memang tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Negeri ini menawarkan berbagai pesona alam khususnya bahari yang luar biasa dan tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Hal ini membuat kita harusnya bangga dan patut bersyukur atas karunia tuhan yang diberikan begitu besar kepada Ibu Pertiwi. Lampung merupakan salah satu daerah yang memiliki keunggulan potensi wisata bahari yang menjadi favorit banyak wisaawan. Pahawang, Kiluan dan Way Kambas merupakan salah satu destinasi wisata unggulan yang banyak dikenal oleh wisatwan. Namun Lampung masih menyimpan banyak pesona lain yang belum terjelajahi salah satunya Pulau Mengkudu. 

Pulau Mengkudu terletak di Kalianda, Lampung Selatan tepatnya di kecamatan Rajabasa. Lokasi berjarak sekitar 2 jam dari Bandar Lampung dan 1 jam dari pelabuhan Bakauheni. Disana kita akan mendapatkan lansekap yang sangat luar biasa dimana terdapat pantai dan pulau yang dihubungkan dengan pasir timbul yang sangat eksotis dengan lautan yang hijau. Banyak hal yang dapat dilakukan disana mulai dari sekedar berenang, berfoto ria hingga yang paling mengasyikan ialah berkemah bersama teman-teman. Berkemah merupakan salah satu cara tersendiri untuk mendekatkan diri dengan alam Indonesia.

NOTES

Jika ingin berkemah dan merasakan ketengan di kawasan Pulau Mengkudu disarankan untuk datang pada sore hari dan pulang pada siang hari. Hal ini karena wilayah tersebut akan sepi, wisatawan biasanya datang pada siang hari dan pulang pada sore hari.

Ada dua pilihan rute perjalanan yang dapat kita tempuh untuk mencapai Pulau Mengkudu. Bagi kamu yang memiliki jiwa petualang dan ingin merasakan sensasi perjalanan yang lebih seru, dapat dilakukan dengan treking menuju lokasi karena aksesnya yang tidak dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor.  Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang luar biasa .Kita akan melewati perbukitan yang dipenuh dnegan kebun cokklat, jagung, persawahan dan sungai-sungai kecil yang menyegarkan. Perjalanan akan diempuh sekitar 30 menit. Namun disepanjang perjalanan kita harus bersia-siap dengan jalan yang naik turun, serbuan nyamuk serta suara-suara anjing liar yang menguji nyali. Namun jika ingin menuju lokasi dengan lebih praktis dan efisien kita dapat menempuh nya dari pantai Kahay kemudian menaiki kapal dengan membayar 10000.

NOTES

Kita dapat menitipakan kendaraan di rumah-rumah warga dengan membayar 20000 per malam. Serta lokasi ini masih banyak belum diketahui apalagi untuk berkemah. oleh karena itu pastikan untuk melapor kepada warga atau penjaga serta mintalah kontak nya untuk keadaan darurat. Selain itu jika memilih untuk treking pastikan membawa perbekalan yang cukup dan obat anti nyamuk.

Perjalanan yang panjang dan melelahkan akan terbayar akan lansekap eksotisme Pulau Mengkudu. Pasir yang halus dengan pepohonan serta Pulau Mengkudu yang dihubungkan dengan pasir timbul sangatlah menawan. Sambil menunggu Sunset banyak hal yang dapat dilakukan mulai dari menyiapkan tenda dan menjelajahi pantai dan pasir timbul, memancing ataupun berenang. Duduk-duduk dan berbaring di pantai sambil memandangi sunset di pantai Pulau Mengkudu merupakan momen yang sangat indah dan menenangkan. Sangat pas bagi kita yang ingin mencari ketenangan dan merefleksi diri.
 

 

NOTES

Jika sampai pada sore hari sangat di sarankan untuk tidak terelbih dahulu menjelajahi Pulau Mengkudu. Pada sore hari biasanya banyak binatang liar di pulau seperti monyet, dll berkeliaran. Serta jangan khawatir jika ingin membuat api unggun, di pesiisr pantai banyak dahan pohon yang dapat dimanfaatkan

Banyak hal yang dapat dilakukan di malam hari mulai dari sekedar mengobrol di pantai ditemani dengan langit cerah penih bintang, dan hal menyenangkan lainya. Namun yang tidak bisa dilewatkan ialah berenang di lautan pada malam hari Ombak yang berada di pantai tidaklah besar karena lokasinya yang dikeliling daratan serta air nya yang hangat. Pada saat malam juga banyak nelayan yang kembali melaut dan menyandarkan perahunya di area pantai, mereka biasanya menawarkan hasil tangkapanya dengan harga yang miring. Ikan pun dapat dibakar dan menjadi santapan di malam hari.

Banyak hal yang dapat dilakukan di malam hari mulai dari sekedar mengobrol di pantai ditemani dengan langit cerah penih bintang, dan hal menyenangkan lainya. Namun yang tidak bisa dilewatkan ialah berenang di lautan pada malam hari Ombak yang berada di pantai tidaklah besar karena lokasinya yang dikeliling daratan serta air nya yang hangat. Pada saat malam juga banyak nelayan yang kembali melaut dan menyandarkan perahunya di area pantai, mereka biasanya menawarkan hasil tangkapanya dengan harga yang miring. Ikan pun dapat dibakar dan menjadi santapan di malam hari. Ketika memasuki pagi hari baru seketika cuaca mulai beranjak dingin. Nah disaat pagi gelap inilah saatnya kita bangun dan menunggu sunrise. Saat pagi hari inilah saat yang tepat buat kita juga untuk menyusuri Pulau Mengkudu untuk melihat sunrise yang lebih epik. Pada pagi hari juga biasanya monyet-monyet dari Pulau Mengkudu turun dan bermain-main di pasir timbul.

NOTES

Jika ingin berkemah dan menikmati alam secara maksimal datanglah pada bulan Agustus-September karena biasanya cuaca akan cerah serta angin tidak terlalu kencang.

Menyesuri Pulau Mengkudu kita akan melihat goresan-goresan alam yang sangat luar biasa. Bebatuan yang indah, tebing-tebing yang tinggi, utan bakau yang lebat hingga pantai-pantai yang indah. Jika kalian menyukai memancing bagian belakang Pulau Mengkudu merupakan spot yang pas, dibelakag pulau ombak nya cukup besar dan akan terlihat panorama samudra Hindia yang luas dan penampakan Gunung Anak Krakatau.

NOTES

Jangan lupa gunakan alas kaki yang kuat ketika menyusuri pulau, dikarenakan di beberapa sisi pulau terdapat banyak karang yang cukup tajam.

Memasuki siang hari wisatawan lokal pun mulai berdatangan ke Pulau Mengkudu. Di waktu inilah saat yang dapat kita kembali pulang. Saat perjalan pulang kita dapat menaiki perahu dan turun di pantai Kahay untuk menikmati sensasi perjalanan yang berbeda. Dengan membayar 10000 per orang kita dapat diantar pulang dan mampir ke salah satu destinasi favorit wisatawan yaitu Batu Lapis. 

NOTES

Di siang hari akan banyak kapal nelayan yang mengantar wisawatan ke Pulau Mengkudu. Disaat kembali melalui pantai Kahay disarankan untuk memilih ukuran kapal yang besar. Hal ini karena ombak laut akan sangat terasa di kapal nelayan yang kecil terlebih ketika ombak sedang besar. Tentu hal ini cukuplah menegangkan.

Pulau Mengkudu sangatlah cocok bagi kita yang suka berpetualang dan ingin mencari ketenangan. Lokasi nya pun cukup mudah diakses dan juga tentunya pas untuk kantong backpacker. Secercah keindahan alam Indonesia yang tergambar di Pulau Mengkudu sudah sepatutnya kita syukuri dan banggakan dengan cara merawat dan melestarikanya. #proudtobeindonesian



0 Comments

Be the first to comment.