LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

Destinasi Wisata di Kota Bunga Tomohon, Sulawesi Utara

citra-livi

On

Sebagian besar orang mengenal Sulawesi Utara hanya dengan taman lautnya Bunaken nya. Nama kota yang paling orang ketahui pun hanyalah kota Manado. Padahal di Sulawesi Utara, selain keindahan taman laut Bunaken, dan kota Manado, Sulawesi Utara pun memiliki kota yang sejuk dan indah yaitu kota Tomohon/Tomohon City of Flower.

Kota Tomohon dapat ditempuh sekitar 45 menit dari pusat Kota Manado dengan menggunakan mobil.

Bagi kita yang ingin berwisata ke Sulawesi Utara dan mencari tempat yang sejuk dan indah seperti Kota Bandung, Kota Tomohon merupakan pilihan yang tepat untuk destinasi wisata yang wajib kita kunjungi.

Di bawah ini adalah pilihan-pilihan tempat wisata yang dapat kita kunjungi ketika memilih Kota Tomohon sebagai destinasi wisata kita.

Wisata Gunung

Kawah Gunung Lokon (Kawah Tompaluan)

Gunung lokon yang menjadi ikon kota Tomohon, terletak di kelurahan Kakaskasen, dapat ditempuh sekitar 45 menit dari kaki gunung. Untuk mempermudah pendaki, jalur masuknya melewati pertigaan depan gereja Katolik St. Fransiskus Xaverius.

Gunung Empung

Gunung Empung kerap disebut sebagai kembaran Gunung Lokon. Gunung Empung memiliki diameter 400 m dan 150 m kedalaman kawah dari puncak gunung akibat dari erupsi yang terjadi pada abad ke delapan belas (Sumber: wikipedia). Untuk pendakian gunung Empung, kita dapat mencari info dan meminta pertolongan kepada orang-orang yang mengetahui jalur pendakiannya agar tidak tersesat.

Gunung Mahawu

Terletak di timur kota Tomohon, hampir berdekatan dengan desa Rurukan, dengan ketinggian 1.311 meter dengan danau kawah berwarna hijau dan kuning. Gunung mahawu dapat ditempuh kira-kira 10 menit dari pusat kota dengan menggunakan kendaraan.

Pemandangannya indah. Serius! Tapi maaf, setiap saya ke sini pasti lebih banyak kabutnya dari pada cerahnya :(

Wisata Air Terjun

Air Terjun Tekaan Telu, Tinoor

Merupakan destinasi wisata yang pertama kali bisa kita ditemukan ketika dari pusat kota Manado menuju ke kota Tomohon. Ditandai dengan adanya pos/rumah singgah disamping jalan raya. Dengan 3 buah air terjun setinggi 50 m, dikeleliling hutan lindung yang menjadi habitat monyet hitam Sulawesi (katanya).

Perjalanan menuju ke air terjun ini termasuk perjalanan yang sedikit sulit karena harus melewati jalan yang sedikit terjal dengan berpegangan pada akar-akar pohon. Jangan datang saat sudah hampir sore, karena suasananya terlihat sedikit angker :D

Air Terjun Tumimperas, Pinaras

Terletak di kelurahan Pinaras, Kecamatan Tomohon Selatan, sekitar 7 km dari pusat kota Tomohon.

Keindahan desa Rurukan

Puncak Baru desa Rurukan

Dengan keindahan taman dan pemdangan gunung Klabat, danau Tondano, maupun perkebunan disekitar desa Rurukan.

Sparta Stable Rurukan

Terletak di puncak desa Rurukan, dengan pemandangan Danau Tondano. Ditempuh kira-kira 15 menit dari pusat kota Tomohon

Bukit Temboan

Bukit Temboan menyajikan pemandangan Danau Tondano, Pelabuhan Bitung dan kawasan pertanian di desa Rurukan. Di tempuh kurang lebih 15 menit dari pusat kota Tomohon.

Bukit Tintingon Kumelembuai

Masih di daerah Rurukan, bukit Tintingon Kumelembuai terletak di Kelurahan Kumelembuai, Kecamatan Tomohon Timur, sekitar 15 km dari Tomohon, melihat laut dan pulau dari puncak bukit. Bukit Tintingon Kumelembuai direkomendasikan untuk pemandangan Sunrise maupun Sunset.

Kembali ke pusat kota Tomohon.

Wisata Rohani

Vihara Buddhayana

Vihara Buddhayana terletak di kelurahan Kakaskasen II, Kecamatan Tomohon Utara. Memasuki gerbang vihara, kita disambut dengan jejeran 18 patung Lohan atau Arhats, yaitu pengikut “delapan belas jalan” Buddha dan Pagoda Ekayana yang terlihat kokoh menjulang tinggi.

Bukit Doa Kelong

Objek wisata Bukit Doa Kelong terletak di kelurahan Kakaskasen, melewati jalan lingkar kota Tomohon. Tempat ini memang dibuat untuk tujuan kegiatan rohani tapi tetap terbuka untuk umum. Terdapat jalan salib, goa maria, penginapan khusus untuk retreat, kapel, amphi theatre, restaurant, tempat parkir, toilet dan sekarang di dalam bukit doa ini terdapat tempat bermain outbond yang terkenal, Mahawu Adventure. Selain fasilitas yang ada, kita dapat menikmati keindahan alam pegunungan yang sejuk dan taman yang tertata dengan indah alami.

Wisata Danau

Hutan Pinus dan Danau Linow, Lahendong

Untuk ke Hutan Pinus dan Danau Linow, kita harus menuju ke desa Lahendong terlebih dahulu. Kira-kira 20 menit dari pusat kota Tomohon. Danau yang unik karena warna permukaannya bisa berubah-ubah di waktu-waktu tertentu. 

Selamat merencanakan untuk berwisata di Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Ps. Jangan lupa untuk tetap mengutamakan keselamatan ketika berwisata alam :)))



1 Comments