LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

Air Terjun Mangku Sakti

restianasyif

On

Trip dengan cara backpacker memang perlu persiapan dan perhitungan yang matang. Walaupun berlibur ke Lombok masuk ke dalam list resolusi saya ditahun 2014, saya tidak pernah menyangka akan benar-benar menepati janji resolusi tersebut di akhir tahun. Terlebih, saya belum pernah ke Lombok sebelumnya. Namun, saya telah memiliki list destinasi yang ingin saya kunjungi dan yang pertama adalah Air Terjun Mangku Sakti. Bersama teman saya Martin dari Surabaya dan hostfriend kami Destiar, kami memulai petualangan kami, merayakan akhir tahun 2014 dan menyambut hari baru untuk tahun 2015.

Perjalanan kami di mulai sekitar pukul 11.00 WITA menuju desa Sembalun, TN Rinjani. Kalau tidak salah, kita sampai pukul 14.30 dan Tracking sekitar 30 menit sampai dengan air terjun. Sesampainya disana, benar-benar langsung dimanjakan dengan pemandangan air terjun dan bebatuan. Aliran air dari Mangku Sakti cukup panjang, maka setelah asik bermain dan foto di air terjun, tidak jauh dari sana kami menuju kebawah dimana aliran air yang lebih tenang dapat dijumpai. Disana saya bersama teman-teman berenang dan loncat indah dari batu-batu tebing karena bebatuan nya tidak selicin dibandingkan batu-batu didaerah pusat air terjun. Dan jadilah kami berenang serta berfoto ria disini.

Kita menghabiskan waktu tepat sampai dengan jam 16.30 sore dan segera bergegas ke rumah kepala dusun Sembalun untuk melanjutkan perjalanan merayakan malam tahun baru. Untuk teman-teman yang berminat kesini, khususnya perempuan, jangan lupa bawa kain atau sarung untuk kamu ganti baju. Karena tidak ada toilet umum di hutan ini. Jangan takut banyak nyamuk karena cuacanya dingin dan karena saya tipe orang yang clumsy dan selalu jatuh setiap tracking maka disarankan pakai sepatu trail atau sendal gunung. Tambahan Catatan, biaya masuk Wisata air terjun ini IDR5000 per orang. Memasuki gerbang wisata kamu bakal di suguhi perkampungan Hindu dan Taman Ilalang untuk spot berfoto. 



3 Comments