LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

Ada Taman Surga di Bukit Pantai Watu Bale Kebumen

amirmahmud

On

Baru baru ini, banyak sekali bermunculan tempat tempat wisata yang menghadirkan konsep gardu pandang atau rumah pohon untuk berselfie. Biasanya jenis wisata yang banyak di lengkapi fasilitas seperti ini yaitu hutan wisata atau air terjun. Namun apa jadinya jika konsep gardu pandang tersebut letaknya di perbukitan dan berjejeran langsung dengan pantai, pasti ada sensasi keindahan tersendiri bagi yang menikmatinya.

Yang paling keren lagi adalah, bagaimana jika di perbukitan tersebut, terdapat gardu pandang berbentuk menara Eiffel dan kita bisa naik untuk berselfie ? Di ibaratkan kita sedang ada di Perancis sana, padahal di Indonesia.

Atau begini, bagaimana jika kita bisa bermain flying fox, namun melintas di atas pantai. Jadi, tali atau tambangnya di hubungkan dari karang ke karang kemudian kita meluncur di atas pantai, serrrr…….. Pasti sensasinya beda Man.

Ada lagi nih, jika kita yang biasanya bermain ke taman kota, namun kali ini letak tamanya ada di bukit pantai, lengkap dengan berbagai wahana yang ada di dalamnya. Kita bisa baca buku, refresing, main bareng teman, jalan jalan, namun sambil menikmati pemandangan laut. Bagaimana ? Sudah pernah kah ke tempat wisata keren seperti ini ?

Apa ??? Belum ???

Oke deh, yuk lanjut membaca….

Beberapa waktu yang lalu saya berkunjung ke tempat wisata yang baru baru ini dibuka di daerah saya, yaitu di Kebumen Jawa Tengah. Wisata tersebut bernama Pantai Watu Bale. Nah, di tempat itulah kita bisa mendapatkan semua hal menyenangkan seperti diatas saya tuliskan. 

Menurut pengamatan saya, pantai ini berhasil menjadi pantai nomor 2 paling hits setelah Pantai Menganti yang sudah tenar sejak lama. Kesan pertama yang saya dapat begitu masuk ke area pantainya adalah takjub. Mengapa ? Karena selain pantainya yang indah, taman perbukitanya begitu bersih, tatanan taman-nya rapih, tidak ada sampah berserakan, tong sampah tersedia dimana mana. Wahananya juga banyak. Dan yang pasti udaranya sejuk karena lokasinya menyatu dengan hutan.

Awalnya saya datang kesini karena melihat foto di instagram bahwa di tempat ini terdapat gardu pandang berupa menara eiffel seperti diatas saya tuliskan. Dan tanpa pikir panjang, sayapun segera merencanakan jadwal keberangkatanya.

Menurut saya, pengelolanya cukup cerdas jika di lihat dari konsepnya. Karena menggabungkan antara wisata bukit, taman, dan pantai. Apalagi di tambah wahana selfie berupa menara eiffel ini yang mampu memikat banyak orang untuk datang, termasuk saya sendiri. Karena konsepnya yang cerdas, tak berlebihan rasanya jika saya menyebutnya sebagai taman surga.

Ada banyak sekali warung warung dari yang di pinggir pantai sampai ke bukit bukit. Jika kita lelah atau ingin menikmati makanan, kita bisa singgah di warung tersebut. Sambil melihat pantai, menyantap makanan pasti jadi lebih nikmat.

Untuk naik ke bukit ini, terdapat sebuah tangga yang dibuat dari kayu yang dalam konsep pembuatanya pun begitu instagramable. Tak heran, setiap jengkal pengunjung melangkah, selalu saja jepret sana jepret sini.

Naik sedikit keatasnya, kita akan menemui gardu pandang berbentuk love lengkap dengan busur panahnya yang menjorok ke laut, yang bisa di gunakan untuk berselfie. Terutama bagi Anda yang sedang jatuh cinta.

Selain gardu pandang berbentuk love, juga terdapat gardu pandang berbentuk kupu kupu lho. Sedangkan untuk tracking atau jalanya, bukan hanya berupa cor coran semen saja, tapi dari batu kerikil yang tertata rapih yang menambah keeksotisan tempat wisata ini. Wah menarik pokonya.

Seperti yang saya singgung diatas, yang paling saya suka dari wisata ini adalah karena lingkunganya cukup bersih dan rapih. Sehingga berlama lama disini pun tetap betah. Secara kan, masalah kebersihan adalah masalah utama yang sering kita temui, terutama di tempat tempat wisata. Dan di Pantai Watu Bale ini, lingkunganya cukup bersih.

Naik lagi ke atasnya, terdapat banyak gardu pandung mini untuk berselfie. Oiya, kalau kalian ingin berselfie layaknya dalam film titanic, disini juga ada lho replica kapal besar sengaja di buat untuk berfoto, menarik sekali bukan ?

Tempat tempat foto lain yang tak kalah menarik yaitu karena di sini terdapat banyak sekali saung saung mini yang muat sekitar 2 orang, yang letaknya di menjorok ke pantai. 

Selain gardu pandang berupa menara eiffel dan kapal titanic, disini juga terdapat gardu pandang berupa segitiga yang muat sekitar 2 orang. Letaknya menjorok ke laut, namun harus hati hati, jangan melebihi batas maksimal agar tak melebihi beban. 

Keindahan Pantai Watu Bale bukan hanya sampai sini, namun masih ada spot keren lainya lagi dengan kita naik lagi ke puncak tertinggi. Dan pastinya pemandanganya akan lebih keren lagi. Dari puncak tertinggi ini, kita bisa melihat hamparan laut yang sangat luas.

Bagi Anda pecinta fotografi, menyaksikan terbit dan terbenamnya matahari juga sangat cocok di lakukan di Pantai Watu Bale ini. Makanya, banyak wisatawan yang sengaja menunggu sore agar bisa menyaksikan matahari terbenam.

Untuk fasilitas seperti kamar mandi atau mushola, disini juga sudah banyak tersedia. Parkiran motor dan mobil juga luas. Dan berikut adalah panduan dari saya bagi Anda yang akan datang ke Pantai Watu Bale ini.

By the way, dimana sih Pantai Watu Bale itu ?

Pantai Watu Bale letaknya ada di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Propinsi Jawa Tengah. Petunjuk jalan untuk sampai kesini yaitu, jika Anda datang dari Surabaya atau Jakarta, Anda bisa berhenti di perempatan Guyangan (timur Hotel Candisari Karanganyar).

Perempatan ini letaknya di jalan utama propinsi, jadi mudah di temukan. Setelah itu kita bisa jalan lurus ke arah selatan melewati kecamatan Adimulyo, lalu lurus terus sampai ke Kecamatan Petanahan.

Kemudian setelah kita bertemu dengan pertigaan Petanahan, kita belok kanan menuju ke Kecamatan Puring. Setelah itu kita akan melewati Pantai Suwuk > Pantai Karangbolong, dan jalan terus ke arah barat sampai bertemu Pantai Watu Bale.

Untuk provider seluler, disini telkomsel dan smartfren cukup bagus karena banyak tower berdiri disini. Sehingga koneksi internet tetap lancar. Untuk selengkapnya tentang petunjuk jalanya, bisa di lihat pada gambar petunjuk dibawah ini :

Atau kalian juga bisa mencarinya dengan mudah di google Maps seperti di bawah ini :

Oiya, jalan untuk sampai kesini itu naik turun, maka dari itu, usahakan agar kendaraan baik mobil atau motor Anda sudah di service terlebih dahulu. Walaupun sepanjang perjalanan kita melewati daerah gunung, namun kampung kampung yang kita lewati adalah kampung ramai, jadi jika misal kita mau beli sesuatu, ada banyak warung atau bengkel berdiri di sepanjang jalan, terutama bengkel motor. Penjual bensin banyak ko, tenang saja, mulai dari eceran hingga pertamini.

Bagi Anda yang memakai kendaraan berbahan bakar solar, baiknya di isi di pombensin terlebih dahulu, karena jarang ada penjual solar disini, kebanyakan hanya pertalite dan pertamax. Untuk pombensin yang menjual solar hanya ada di sepanjang jalan utama propinsi, sedangkan di pombensin Adimulyo belum beroperasi karena baru selesai di buat saat saya melewatinya ( 26 september 2017).

Dan setelah sampai bertemu dengan pintu masuk bertuliskan Watu Bale, kita belok ke arah selatan lalu jalan 400 meter, dan sampailah kita di Pantai Watu Bale Kebumen. Tiket yang di kenakan per orang yaitu Rp 10.000,-. Sedangkan parkir kendaraan yaitu Rp 2000 untuk motor dan Rp 5000 untuk mobil.  

Jika Anda datang menggunakan angkutan umum, Anda bisa naik dari Kebumen kota, lalu naik angkot jurusan Suwuk dan turun di Pantai Suwuk. Setelah itu nyambung menggunakan angkot kecil berwarna hijau hingga sampai ke lokasi. Tarifnya sekitar 4 sampai 8 ribu atau sesuai jarak yang di tempuh. Namun karena menggunakan angkot, usahakan jangan sampai terlalu sore pulangnya, karena angkot ini jumlahnya sedikit dan agak jarang lewat.

Sedangkan kalau kalian datang dari arah Gombong, naik angkot jurusan Karangbolong, lalu nyambung dengan angkot hijau ke arah Watu Bale. Tarifnya antara 4 sampai 8 ribu per orang atau sesuai jarak yang ditempuh. Untuk masalah penginapan, penginapan terdekat disini berada di Pantai Suwuk, yaitu Hotel Mulya Indah. 

Persiapan apa saja sebelum datang ke Pantai Watu Bale ?

Di sepanjang perjalanan dari Guyangan ke lokasi, ATM yang ada hanya ATM BRI dengan pecahan 100 ribu. Untuk pecahan 50 ribu tidak ada. Yang ada hanya di Kebumen kota atau di kecamatan Gombong, Kecamatan Karanganyar, Kecamatan Sruweng, atau ATM yang dekat dengan jalan Propinsi. Oiya, jangan memakai baju berwarna hijau, karena takut di pinang sama penjaga lautnya.

Benda yang tak boleh ketinggalan jika Anda kesini yaitu kamera, baik kamera smartphone atau kameran DSLR. Aksesorisnya juga kudu di bawa. Jika Anda kesini sendirian, baiknya bawa tongsis Bluetooth dan tripod kamera, biar bisa motion sendiri saat kita sedang selfie di menara eiffel atau perahu titanicnya. Pas kemarin saya kesini sendirian, saya menyesal karena tidak membawa tongsis Bluetooth dam tripodnya, alhasil, fotonya jadi kurang kece deh.

Kapan waktu yang cocok untuk ke Pantai Watu Bale ?

Waktu yang cocok untuk kesini yaitu saat musim kemarau dari Januari sampai Agustus. Mengapa ? karena sebagian taman yang ada di Bukit Pantai ini masih berupa tanah dan belum di cor, sehingga becek dan licin jika musim hujan.

Tapi karena fasilitas akan terus di perbaiki, nantinya semua jalan atau taman akan tertutup dengan cor atau lantai permanen. Dan pastinya, musim kemarau adalah musim terang, sehingga suasana pun lebih cerah dan tidak hujan.

Apa yang bisa di bawa pulang dari Pantai Watu Bale ?

Disini ada banyak nelayan yang mencari ikan, Anda bisa membelinya dari nelayan buat oleh oleh. Ada ikan tongkol, ikan kembung, dll. Atau yang paling banyak di jual disini adalah yutuk goreng atau peyek yutuk, sejenis udang yang hidupnya di pasir. Rasanya seperti udang, namun jika makan terlalu banyak, kepala akan terasa pusing. Disini juga terdapat banyak gula jawa karena memang selain sebagai nelayan, ada juga masyarakat yang berprofesi yang sebagai pembuat gula dari sajeng (nira) kelapa. 

Nah, itulah keindahan Taman Surga di Bukit Pantai Watu Bale Kebumen. Dengan konsep wisatanya yang unik, menjadikan liburan lebih berkesan. Selamat berlibur.



0 Comments

Be the first to comment.