LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

5 Things to Know About Toraja

hardianti-sunny

On

Top Five things we need to Know before Visiting Toraja

Toraja adalah daerah dengan keunikan yang sangat luar biasa dan langka, kebudayaan yang dititipkan Tuhan di Toraja tidak ada duanya dimuka bumi ini. Keunikan tersebut tercermin dari budayanya yang sangat menghormati setiap makhluk hidup khususnya manusia bahkan saat manusia tersebut tak bernyawa lagi. Ritual dan upacara yang dilakukan dijamin menarik perhatian setiap mata.

keunikan lainnya karena Ritual dan Upacara tersebut tidak terdaftar dalam kalender event di daerahnya, (kenapa ?) karena setiap pelaksanaan kegiatan Ritual dan Upacara adalah hak setiap keluarga untuk melaksanakannya kapanpun, namun bukan berarti calon visitor tidak bisa membuat perencanaan perjalanannya ke Toraja, karena saat ini Toraja memiliki website resmi, Visit Toraja. Update setiap Ritual dan Upacara akan tersedia begitu sebuah keluarga konform untuk melaksanakan Ritual dan Upacara untuk keluarganya.

Nah untuk mengikuti kegiatan Ritual dan Upacara tersebut, lima hal ini merupakan kebutuhan yang wajib dibawa saat mengunjungi Toraja :

1. harus membawa pakaian hitam

Ritual dan Upacara yang dilaksanankan tidaklah seperti event lainnya yang biasanya dilaksanakan 2-3 hari atau maksimal satu minggu, tetapi Ritual dan Upacara di Toraja adalah kegiatan yang sangat sakral yang berlangsung kurang lebih satu bulan lamanya, untuk menghormati keluarga tersebut, sebaiknya traveller atau visitor membawa pakaian hitam padanya sehingga kapanpun bisa dikeluarkan untuk digunakan sehingga dapat menyesuaikan pakaian seluruh warga dalam kegiatan Ritual dan Upacara tersebut

2. Harus membawa Tumbler Glass (tempat air isi ulang)

Tahukah Traveller bahwa Toraja adalah destinasi wisata (daerah) yang tidak memiliki tempat pembuangan akhir untuk sampah. Jadi sebisa mungkin, para traveller dan visitor untuk tidak membawa sampah plastik seperti botol air minum kesana, jika ada yang bertanya bagaimana jika ingin minum? maka dari itu harus membawa tumbler sendiri karena di Toraja telah tersedia beberapa spot yang menyediakan water refill (tempat pengisian air) secara gratis. Spot pengisian tersebut bisa ditandai dengan adanya stiker Logo khas bertuliskan "I use this because i care", tersedia di hotel, restoran dan banyak tempat lainnya di Toraja.

3. harus memiliki DTW pilihan sebelum tiba di destinasi

Toraja dengan "kuburan" sebagai destinasi utamanya setelah Ritual dan Upacara, memiliki banyak macam atraksi pada lokasi yang berbeda, jika waktu kunjungan terbilang singkat, sebaiknya daya tarik wisata yang hendak dikunjungi sudah dipilih sebelum tiba di destinasi, karena akan sangat disayangkan apabila telah berada di detinasi dan hanya sibuk memilih tempat terbaiknya sehingga waktu kunjungan berkurang, pilihan daya tarik wisata menarik tersebut juga dapat dilihat di website resminya.

4. harus Jaga lisan

Keunikan Toraja seakan berbisik pada setiap Travellers untuk selalu menanyakan ini dan itu, sebenarnya tidak masalah untuk mengumpulkan informasi dasar, namun untuk beberapa tempat dan beberapa situasi, ada hal yang sebaiknya tidak dipertanyakan, cukup perhatikan dengan seksama, jawabannya akan Travellers pahami kemudian.

5. Jangan Khawatir makanan halal

Buat traveller dan visitor muslim, jangan khawatir! pada destinasi ini terdapat banyak pilihan restoran yang menyediakan makanan halal, masyarakat muslim pun sudah sangat banyak yang bermukim dalam destinasi ini, jadi jangan khawatir ya Muslim Travellers.

well, jangan lupa ke Toraja, keindahan alam yang tiada tara, keunikan budaya yang tidak bisa ditemukan di tempat lain ada disini, I'm Indonesian, I've visited Toraja, Proud Indonesia.



0 Comments

Be the first to comment.