LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

‘Is This Jakarta ?’ 5 Tempat Yang Mungkin Kamu Tidak Sangka Ada di Jakarta 

yaqubalabror

On

Padat, macet dan sibuk merupakan tiga kata yang dapat menggambarkan ibukota negara kita Jakarta . Jakarta merupakan kota metropolitan yang sibuk dan sarat akan dinamika kehidupan urban yang melelahkan dan menjemukan. Tak jarang kita sebagai warga jakarta merasakan kepenatan dan kebosanan yang sangat luar biasa dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Salah satu obat dari hal diatas yang paling efektif, ialah apalagi kalau bukan menenangkan diri dan meredakan stress dengan berlibur. Namun tak banyak juga warga Jakarta yang memilki kesempatan dan waktu berlibur yang cukup. Meskipun ada, waktu yang dimiliki juga hanya sebentar dan Puncak, Bandung lagi-lagi menjadi tujuan mainstream yang banyak dipilih warga ibukota.

Sebenarnya pantai dan laut merupakan hal yang sangat efektif meredam stress. Namun bagi kita warga Jakarta tak banyak pilihan wisata bahari yang ditawarkan. Namun sebenarnya jika kita bergeser sedikit ke arah utara kita akan menemukan secercah keindahan Indonesia yang luar biasa. Ya, dimanalagi kalau bukan di Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka, Bidadari, Tidung mungkin sudah sangat familiar dikalangan wisawatan. Nah berikut adalah tempat-tempat di Kepualaun seribu yang dapat menjadi alternatif berlibur yang mengasyikan. Disana kita akan merasa vibe yang sangat berbeda dan akan berpikir “ is this Jakarta” ?.

Pulau Damar Besar

Pulau Damar atau biasa juga disebut Pulau Edam merupakan salah satu lokasi eksotis di Kepulauan Seribu. Disebut pulau damar dikarenakan di pulau ini banyak diisi oleh pohon damar. Namun yang menjadi primadona di Pulau ini ialah adanya mercusuar peninggalan Belanda Vast Licht yang tingginya 65 meter dan berdiri sejak 1879. Kita dapat masuk kedalamnya dan melihat keindahan mercusuar dan eksotisme Pulau Damar dan wilayah Kepulauan Seribu dari atas. Pulau ini berukuran relatif cukup besar dan terdapat hutan didalamnya serta terdapat beberapa makam keramat. 

NOTES

Dikarenakan area Pulau yang cukup luas dan dipenuhi hutan damar disarankan bagi wisatawan untuk tidak menjelahinya sendirian dan memasuki wilayah hutan karena menurut info para pemancing yang berada disana, banyak orang yang tersasar dan sulit untuk keluar.

Pulau Damar kecil

Nah bagi kalian yang suka sekali akan pantai tempat ini sangat cocok sekali. , Bergeser sedikit dari pulau Damar Besar terdapat pului kecil yang indah yaitu pulau Monyet atau Damar kecil. Kita dapat merasakan sensaxi pasir pantai yang sangat halus serta air laut yang jernih. Di pulau ini juga terdapat pohon-pohon bakau yang sangat pas buat berfoto-foto. Kegiatan lain yang dapat dilakukan ialah memancing. 

NOTES

Jika ke pulau ini jangan lupa membawa sunblock karena pada siang hari cuaca nya cukup panas.

Pulau Kelor

Pulau kecil ini menawarkan sensasi epik keindahan alam pantai dan nuansa sejarah yang kental. Di pulau ini terdapat Benteng peninggalan Belanda yang terkenal yaitu benteng Martello dan merupakan tempat eksekusi dan makam para pejuang Indonesia pada masa kolonial. Kesan seram sama sekali tidak nampak di Pulau ini. Penataan yang rapi dan juga keindahan pantai dan lautan yang indah membuat wisawatawan terbuai. Banyak hal yang dapat dilakukan disana mulai dari berenang, berfoto atuapun sekedar piknik. 

NOTES

Pulau ini memiliki pantai yang indah dan air laut yang jernih. Namun jika belum pandai berenang berhati-atilah jika ingin berenang disana karena lautnya yang cukup dalam dan ombak yang cukup besar.

Pulau Onrust

Penyuka wisata sejarah wajib berkunjung Pulau yang satu ini. Pulau Onrust merupakan cagar budaya yang menyimpan sejarah yang luar biasa. Mulai dari tempat peristirahatan keluarga kerajaan banten, kemudian di duduki oleh pemerintahan kolonial hingga menjadi tempat karantina haji. Pulau yang sekaligus menjadi museum ini akan membawa kita kembali ke nuansa masa lampau yang kental, Didalamya terdapat peninggalan arkeologi berupa bangunan-banguan tua dan reruntuhan rumah sakit hingga makam kuno Belanda. Pulau ini juga dipadati dengan rerimbunan pohon yang membuat suasana sedikit seram.

Pulau Cipir

Sama seperti di Pulau Onrust di Pulau Cipir ita juga dapat melihat reruntuhan rumah sakit dan asrama haji zaman dahulu. Namun bedanya di Pulau ini sudah cukup padat dan ramai dengan pedagang. Banyak kegiatan yang dapat kita lakukan mulai dari menjelajahi pulau, mencicipi kuliner khas pesisir, ataupun berenang. Di pulau ini juga terdapat menara pemantau yang dapat dinaiki dan jembatan kayu yang sangat pas untuk berfoto-foto.

‘Is This Jakarta ?’ 5 Tempat Yang Mungkin Kamu Tidak Sangka Ada di Jakarta -Jakarta-Beach-Heritage Sites-Top Five or Top Ten-yaqubalabror

Jpeg

Tentu kita tidak menyangka kelima tempay diatas merupakan bagian dari Jakarta. Keindahan tempat dan lokasinya yang sarat akan sejarah menggambarkan betapa kayanya negeri ini. Dimana setiap daerah memiliki potesi dan keunikanya masing-masing termasuk Jakarta. #proudtobeindonesian.

NOTES

Akses menuju kelima lokasi tersebut dapat dilalui melalui Pelabuhan Muara Kalam Jakarta Utara. Terdapat beberapa agen wisata yang menyediakan jasa wisata ke pulau-pulau tersebut. Bisa juga kita menyewa kapal-kapal nelayan yang ada di Muara Kamal. Disarankan untuk kembali pulang pada sore hari karena ombak akan pasang di malam hari.


0 Comments

Be the first to comment.