LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

5 Tempat Wisata Di Bangka Yang Wajib Dikunjungi

chachacillas

On

Negara Indonesia adalah Negara Kepulauan dan Bangka merupakan salah satu dari pulau tersebut. Pulau Bangka termasuk ke dalam wilayah Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kebanyakan orang yang belum pernah berlibur kesana berpikiran bahwa Bangka itu sama saja dengan Belitung atau Belitung itu sama saja dengan Bangka padahal kedua pulau itu berbeda walau dalam satu propinsi yang sama. Keduanya punya daya tarik masing-masing yang sayang untuk dilewatkan.

Pulau Bangka tidak hanya terkenal dengan martabaknya namun ternyata Bangka memiliki banyak sekali tempat destinasi wisata. Untuk berwisata ke Bangka maka para wisatawan dari luar Bangka yang menggunakan transportasi udara dengan pesawat terbang harus memilih rute tujuannya ke Bandara Depati Amir di Pangkal Pinang dan bagi wisatawan yang menggunakan transportasi laut dapat menyebrang dengan kapal menuju pelabuhan yang terdapat di Bangka. Dua pelabuhan utama di Pulau Bangka, yaitu Pelabuhan Muntok dan Pelabuhan Pangkal Balam.

Berikut 5 tempat wisata di Bangka yang wajib untuk dikunjungi:

DANAU KAOLIN, BANGKA TENGAH

Danau Kaolin  yang merupakan danau bekas galian tambang kaolin ternyata tidak hanya ada di Pulau Belitung melainkan juga ada di Pulau Bangka tepatnya di Desa Nibung, Bangka Tengah.

Danau Kaolin ini memiliki dua warna air danau yang terpisah yaitu warna biru dan warna hijau. Saat sedang berkunjung kesana, air danau yang berwarna hijau sedang surut padahal jika kapasitas airnya sama dengan yang berwarna biru maka akan lebih bagus lagi untuk difoto. Meski begitu, pemandangan air danau berwarna biru yang membentang indah berpadu dengan tanah kaolinnya yang berwarna putih saja sudah sangat memuaskan pemandangan mata seolah saya sedang berada di luar negeri.

Di tempat ini juga dibuat jalur untuk lintasan sepeda sehingga kalian bisa bersepeda sambil mengelilingi danau kaolin ini. Para pengunjung bebas keluar masuk area ini secara gratis karena tidak adanya loket pembayaran dan sepertinya belum menjadi tempat wisata yang dikomersialkan. Para pengunjung juga sebaiknya hati-hati saat sedang berjalan atau mengambil foto karena tanah kaolin ini rawan longsor.

HUTAN MANGROVE KURAU BARAT, BANGKA TENGAH

Kawasan Hutan Mangrove Kurau Barat di Bangka Tengah ini cukup luas untuk dijelajahi. Tempat ini masih baru dikembangkan sehingga ada beberapa area yang masih perlu penanganan. Ada dua jalur berbeda untuk menuju tempat ini dapat melalui jalur darat dengan berjalan kaki selama 15 menit atau melalui jalur air dengan menggunakan perahu klotok sekitar 30 menit. 

Terdapat beberapa jenis burung di kawasan Hutan Mangrove ini, selain itu juga terdapat budidaya kepiting dan udang serta bagi pengunjung yang hobi memancing juga diperbolehkan untuk memancing karena ada berbagai jenis ikan air tawar dan air laut di dalamnya.

Di tempat ini juga sudah disediakan fasilitas seperti pondok atau rumah panggung untuk tempat peristirahatan para pengunjung, tempat untuk ibadah, tempat outbound dan toilet umum sehingga kita tidak perlu khawatir mengenai hal-hal tersebut.

Hal yang menarik dari tempat ini juga disediakan banyak sekali spot lucu untuk berswafoto yang membuat saya dan teman-teman merasa betah sekali berada di tempat ini. Kawasan Hutan Mangrove Kurau Barat ini juga salah satu tempat wisata yang dapat dinikmati secara gratis dengan turut menjaga lingkungan disekitarnya. 

BATU BELIMBING, BANGKA BARAT

Batu unik ini dinamakan Batu Belimbing oleh masyarakat sekitar karena bentuknya yang mirip dengan buah Belimbing. Batu Belimbing tercipta karena adanya fenomena alam. Batu ini merupakan gugusan batu granit yang terbentuk akibat pembekuan magma yang terjadi jutaan tahun yang lalu. Bentuk motif garis-garis pada batuan tersebut disebabkan karena adanya  pengikisan oleh air hujan yang terjadi terus menerus sejak ratusan tahun lalu sehingga terbentuk irisan pada batu yang menyerupai bentuk buah Belimbing.

Batu Belimbing di Pulau Bangka terdapat di dua tempat yaitu di Toboali Bangka Selatan dan Parit Tiga Bangka Barat. Batu Belimbing yang saya kunjungi ini terletak di Desa Jebu Kecamatan Parit Tiga, Bangka Barat. Batu Belimbing disini memiliki ukuran lebih besar dengan Batu Belimbing yang berada di Bangka Selatan dan keduanya memiliki perbedaan bentuk batunya masing-masing. Jika kalian memiliki waktu yang lebih maka kalian bisa mengunjungi kedua tempat dimana Batu Belimbing ini berada.

Untuk menuju ke tempat ini anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Tempat wisata ini tidak dipungut biaya maka dari itu kita harus menjaga kebersihan saat berkunjung. 

PULAU KETAWAI, BANGKA TENGAH

Suasana yang sangat menenangkan jika sedang berada di sebuah pulau ditengah laut, berada di tempat yang sangat jauh dari hingar bingar kota. Kalau di luar negeri ada Pulau Hawai maka di Indonesia ada Pulau Ketawai, sebuah pulau kecil yang memiliki sejuta keindahan. Pulau ini juga sudah pernah menjadi tuan rumah SAIL Indonesia 2017 yang mana banyak turis Internasional merasa nyaman dan kagum akan budidaya terumbu karang dan tukik.

Untuk menuju Pulau Ketawai anda harus menyebrang menggunakan kapal dari dermaga, dianjurkan untuk pergi dalam rombongan agar biaya sewa kapal menjadi lebih murah. Perjalanan dari dermaga hingga Pulau Ketawai memakan waktu sekitar 2 jam. Setibanya di Pulau Ketawai anda akan melihat tulisan KETAWAI yang begitu besar untuk menunjukkan bahwa anda memang sedang berada di Pulau Ketawai, Bangka Tengah.

Rasanya sangat menyenangkan saat berada disini, tidur di dalam tenda, bersantai di atas hammock, berkeliling pulau di malam hari, berlari-larian di pinggir pantai, menikmati air kelapa langsung dari pohonnya, bermain air bersama teman-teman, melakukan snorkling bersama dan banyak kegiatan menyenangkan lainnya yang bisa dilakukan disana bersama teman-teman.

Pulau Ketawai juga memiliki keindahan terumbu karang dan biota laut sehingga sangat disarankan bagi para pengunjung untuk melakukan kegiatan snorkling/diving tetapi harus diingat agar tetap menjaga keindahan tersebut dengan tidak merusaknya terutama dengan tidak menginjak terumbu karang. Untuk snorkling/diving kalian harus menyewa kapal dan guide serta menyewa peralatan untuk snorkling/diving namun jika kalian sudah memiliki alat sendiri dapat membawanya langsung.

Di Pulau ini kalian tidak perlu terlalu khawatir dengan kehilangan sinyal hp karena disini ada beberapa jaringan yang mendapatkan sinyal sehingga masih bisa terhubung dengan internet. Kalian juga tidak perlu khawatir jika baterai hp/kamera kalian habis karena disini juga disediakan tempat untuk men-charger gratis namun kalian harus menjaga barang kalian sendiri yang sedang kalian charger agar tidak terjadi kehilangan dan untuk men-charger ada jam-jam tertentu yaitu ketika genset sedang dinyalakan di waktu sore hari hingga pukul 10 malam. Selain itu juga disediakan fasilitas umum lainnya seperti pondokan untuk istirahat, tempat untuk sholat, tempat untuk bilas/mandi, dan tempat untuk buang air. 

PANTAI SIANGAU, BANGKA BARAT

Pantai bagi kebanyakan orang pasti selalu masuk dalam daftar tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi karena pantai itu punya daya magis tersendiri untuk memikat hati semua orang. Jika berbicara soal pantai maka Pulau Bangka termasuk tempat yang tepat untuk kalian berlibur karena Bangka memiliki banyak pantai dan salah satu pantainya yang sangat indah adalah Pantai Siangau di Bangka Barat. 

Pantai Siangau di Bangka ini hampir sama dengan pantai yang berada di Belitung yaitu terdapat banyak batu-batu granit besar disekitarnya mungkin karena mereka masih berada dalam satu wilayah propinsi yang sama. Saya selalu merasa takjub setiap kali bertemu dengan pantai, selalu ada ketenangan dan kedamaian saat berada di pantai.

Di pantai ini kalian bisa memilih beristirahat di saung-saung yang disediakan atau kalian bisa mendirikan tenda. Kalian juga bisa naik ke atas batu-batu besar untuk dapat melihat indahnya pemandangan Pantai Siangau secara leluasa dan dapat mengambil foto diatas batu besar tersebut. 

Perjalanan dari Bandara di Pangkal Pinang menuju tempat ini sekitar 2-3 jam dengan menggunakan kendaraan mobil pribadi. Jalanan menuju tempat ini sudah beraspal. Untuk masuk kawasan ini tidak dipungut biaya maka sebagai pengunjung yang baik kita juga harus menjaga kebersihan di tempat ini agar tidak hanya kita yang dapat menikmati indahnya Pantai Siangau tapi juga pengunjung lainnya. 

Untuk berlibur dengan waktu yang terbatas maka kalian wajib banget untuk mengunjungi 5 tempat ini, namun jika kalian memiliki waktu liburan yang sangat panjang maka selain 5 tempat ini kalian masih bisa berkunjung ke destinasi lainnya yang ada di Pulau Bangka ini karena masih banyak sekali tempat yang bisa kalian nikmati di Pulau Bangka.



0 Comments

Be the first to comment.