LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

5 Spot Traveling di Bandung yang Bikin Kamu Bangga Sebagai Orang Indonesia

firmansyah

On

"Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi". (Pidi Baiq)

Ya, Bandung. Siapa yang tak mengenal kota eksotis dan romantis yang satu ini. Bahkan, seorang penulis kenamaan Indonesia seperti Pidi Baiq pun memiliki kesan tersendiri yang begitu dalam tentang kota yang dikenal juga sebagai Paris Van Java ini.

Disetujui atau tidak, Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki magnet daya tarik wisata yang mengagumkan sehingga mampu membuat siapapun ingin mengunjunginya dan betah berada di sana, termasuk saya sendiri.

Pengalaman saya traveling ke Bandung sedikit membuka mata dan hati saya bahwa kita sebagai orang Indonesia sudah seharusnya mensyukuri atas segala keindahan alam yang diberikan Tuhan kepada Indonesia dan kita sepatutnya berbangga akan hal itu. Bumi Pasundan dengan segala keistimewaannya, layaknya serpihan surga di bumi yang dianugerahkan oleh Tuhan. Maka tak heran, jika ada ungkapan masyhur dari seorang tokoh budayawan dan psikolog asal Belanda yang lama tinggal di Bandung.

"Bumi Pasundan lahir ketika Tuhan sedang tersenyum". (Martinus Antonius Weselinus Brouwer)

Keindahan alamnya, keramahan orang-orangnya, kekhasan budayanya hingga suasananya yang menyejukkan merupakan satu kesatuan yang menghasilkan atmosfer kehidupan yang menyenangkan sehingga mampu membuat siapapun merasa senang dan ingin berlama-lama di Bandung. 

Sebagai seorang 'Tourism Enthusiast' atau seseorang yang sangat menggemari dunia pariwisata, saya bangga akan potensi wisata yang dimiliki Bandung hingga saat ini. Bahkan, Bandung seakan tak pernah kehabisan pilihan spot-spot traveling, karena banyaknya tempat wisata baru yang mampu mengundang para turis, baik lokal maupun mancanegara untuk datang berkunjung ke kawasan Kota Kembang ini. 

To the point, saya akan sharing dan memberikan kalian referensi spot-spot traveling di Bandung yang recommended untuk kalian kunjungi dan pastinya akan membuat kalian semakin cinta dan bangga sebagai orang Indonesia, khususnya kalian para masyarakat Bandung. :)

So, What are you waiting for? Check this out ...

1. TEBING KERATON

Tebing Keraton terletak di Bandung Barat dan berada pada ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut yang membuat kamu dapat dengan mudah dan jelas menyaksikan pemandangan indahnya Tahura (Taman Hutan Raya) Djuanda yang memesona. Sejauh horizon memandang, terlihat hamparan hijau hutan yang mengundang decak kagum, dibalut dalam suasana alam yang begitu sejuk dan damai. Saat terbaik datang mengunjungi tempat wisata Bandung yang satu ini adalah saat menjelang sunset dan sunrise. Pesona matahari menyinari bumi dan saat kembali ke peraduannya terlihat sangat memesona di Tebing Keraton ini. Instagramable banget kan? :)

Tebing Keraton juga dikenal sebagai 'The Instagram Hill' di kalangan para netizen Indonesia. Pemandangannya yang terlihat indah walau sedikit berbahaya karena lokasi hutan pinus yang berada di bawah tebing tinggi, tidak menyurutkan niat dan keberanian para pengunjung untuk mengambil foto, baik selfie ataupun foto landscape. Ya, ini semua tentunya demi mempercantik feeds media sosial, khususnya Instagram. 

2. DUSUN BAMBU

Salah satu spot traveling lainnya di Bandung yang sangat menarik dan recommended untuk kamu kunjungi adalah Dusun Bambu di Lembang, Bandung. Alasan mengapa tempat ini begitu recommended untuk dikunjungi saat kamu berlibur adalah karena tempat ini memiliki keunikan nuansa eksotis pedesaan yang sangat natural dan buat kamu merasa nyaman. Suasana dan atmosfer yang sejuk dan memanjakan mata dapat membuat siapa pun betah berlama-lama di tempat ini.

Dusun Bambu terletak tepat di kaki Gunung Burangrang Lembang. Kawasan wisata ini memiliki sejumlah fasilitas wisata alam yang cukup menarik, di antaranya adalah villa, restoran, serta Pasar Khatulistiwa. Aneka aktivitas menyenangkan juga dapat kamu lakukan di sini, misalnya bersepeda santai sembari menikmati sejuknya udara dari lereng pegunungan Lembang. Tak hanya bersepeda, kamu juga dapat berkemah bersama teman dan keluarga, serta melakukan berbagai kegiatan outdoor menarik lainnya.

3. FARM HOUSE

Farm House merupakan salah satu tempat wisata di Lembang, Bandung yang mengusung konsep wisata pedesaan ala Eropa. Saat ini, Farm House Lembang telah berhasil menyedot perhatian banyak wisatawan karena daya tariknya yang unik. Terdapat banyak spot yang instagramable, unik dan menarik untuk berfoto dan menikmati panorama alam yang indah.

 

Salah satu spot yang populer di Farm House adalah Rumah Hobbit, sebuah bangunan yang dibangun dengan mengadopsi konsep rumah para kurcaci sebagaimana yang ada dalam dongeng-dongeng atau legenda. Kapan lagi nikmatin suasana eropa, gak perlu jauh-jauh, ke Farm House Bandung aja. Dijamin, gak akan kehabisan spot keren untuk feeds sosial media kamu. :)

4. THE LODGE MARIBAYA

 

Kalau kamu tipe yang senang mengunjungi tempat wisata dengan alam terbuka yang eksotis, maka cobalah berkunjung ke The Lodge Maribaya Lembang. Daya tarik tempat ini adalah spot foto dengan latar hamparan hutan pinus yang eksotis dan mengagumkan. Untuk mendapatkan foto yang bagus, kamu bisa coba 4 wahana foto atau atraksi yang ditawarkan di sini, yaitu bamboo sky, sky tree, mountain swing dan zip bike. Salah satu yang paling diminati pengunjung adalah wahana bamboo sky.

Tak hanya menyajikan 4 wahana unik tersebut, The Lodge Maribaya juga menawarkan fasilitas kemah dengan tenda permanen yang bentuknya unik seperti labu. Kalau kamu lapar, di sini juga terdapat restoran dan kafe, jadi kamu bisa sekalian wisata kuliner mencicipi aneka kuliner Bandung yang khas dan nikmat. Seru banget, kan?

5. FLOATING MARKET LEMBANG

Di Lembang Bandung, terdapat sebuah spot traveling  yang unik dan mengasyikkan. Floating Market, demikian nama tempat wisata ini. Dengan ciri khas 'pasar terapung' nya, Floating Market Lembang tentunya mengingatkan kita dengan pasar terapung yang sesungguhnya di Banjarmasin atau bahkan di Thailand ya. Tetapi, Floating Market Lembang sedikit berbeda dan pastinya lebih menarik sebab selain ada pasar terapung yang unik, juga terdapat spot-spot kegiatan wisata menarik lainnya yang sayang bila dilewatkan begitu saja.

Bagi kamu yang hobi fotografi, tempat ini sangat cocok buat kamu, karena dengan banyaknya spot unik dan menarik di Floating Market ini, kamu bisa ekspresikan hasrat fotografi kamu sepuasnya.

Nah, bagaimana guys? Buktikan kalau kamu adalah seorang #ProudIndonesian dengan mengunjungi spot-spot traveling yang keren di Indonesia. Dan jangan lupa, bagikan cerita perjalanan kamu ke berbagai destinasi di Indonesia agar dunia tahu bahwa Indonesia itu luas, Indonesia itu indah.

Thanks God, I'm Indonesian.



0 Comments

Be the first to comment.