LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

5 Destinasi Bandung Antimainstream

ceritapena

On

Kota Bandung adalah ibukota dari provinsi Jawa barat. kota yang populer dengan julukan paris van java karena surganya berbelanja fashion. tidak kalah popular, julukan kota kembang juga disematkan pada kota berhawa sejuk ini . Bandung secara geografis berbentuk cekungan yang dikelilingi banyak pegunungan. tidak mengherankan jika banyaknya lokasi wisata alam di berbagai penjuru kota bandung yang dapat melumpuhkan kejenuhanmu.

Di setiap akhir pekan  jalur dari kota Jakarta menuju arah kota bandung, bak tradisi nyaris selalu padat merayap . kemacetan di mulai dari pintu keluar tol Pasteur. kemacetan tidak berhenti disitu , namun menjalar ke beberapa lokasi wisata seperti Lembang , dago hingga jl. Asia afrika yang masih menjadi top pilihan destinasi turis yang berkunjung ke kota bandung.

jika kamu ingin mencari lokasi wisata anti mainstream, kamu bisa memilih destinasi dibawah ini kedalam bucket list pilihanmu. siapkan tenaga dan kaki mu untuk melangkah, karena tempat-tempat wisata ini akan cukup menguras keringat.  

1. Kawah Putih

Lajukan roda kendaraanmu menuju kawasan Ciwidey. alasan kamu harus kesini karena di ciwidey tersembunyi surga kecil yang akan membuatmu terpesona.

Ada tangga yang sangat panjang harus di tempuh untuk sampai ke bawah kawah. di sekitar kawah disediakan jalur untuk pengguna kursi roda dan kondisinya masih cukup baik, meski tidak sampai ke dekat air tetapi cukup dekat untuk memandangi isi kawah

Di mulai dari puncak ciwidey terdapat kawah asam yang disebut Kawah putih, kamu dapat menyentuh kehangatan air kawah asam nya. tapi jangan diminum,ya meski sehaus apapun dirimu, atau segalaunya hati karena si mantan, sangat diharamkan kamu minum hehehe.

Warna air yang hijau kebiru-biruan terbentuk dari zat asam yang sangat tinggi. disisi kawah ada lorong gua jepang peninggalan jaman penjajahan jepang. di depan gua terdapat papan tanda peringatan dilarang mengambil foto didepan gua, namun saat saya berkunjung ada saja kelakukan anak muda yang mengabaikan tanda peringatan tersebut dan asyik berfoto ria. 

Di sarankan membawa kendaraan pribadi atau dengan menyewa kendaraan jika ingin menuju kesini, karena rute panjang dan jam beroperasi angkutan umum di daerah ini sangat amat terbatas.

Titik awal bisa dimulai dari exit tol KOPO, atau bisa juga melalui exit tol PASTEUR. arahkan google maps menuju jl. raya kopo - jl.kopo bihbul - jl raya soreang - jl. raya ciwidey , dilanjutkan menuju ke atas. disisi sebelah kiri akan menemukan plang besar KAWAH PUTIH.

kamu wajib membeli tiket perorangan beserta tiket kendaraan yang akan kamu gunakan. tiket turis domestik sebesar Rp 20.000/orang, turis mancanegara Rp 50.000/orang. untuk tiket menggunakan kendaraan mobil pribadi harga Rp 150.000/mobil.

Jika datang tidak berombongan, disarankan naik keatas menggunakan angkutan khusus kawah putih yang disebut ontang-anting sebesar Rp 15.000. tiketnya dapat dibeli bersamaan dengan tiket masuk yang tersedia di pintu masuk, tiket berlaku untuk pulang-pergi. untuk tarif parkir yang tidak membawa kendaraannya keatas dan memarkir di lahan parkiran yang tersedia akan dikenakan tarif Parkir Roda 2 Rp.3.000, Parkir Roda 4 Rp.6.000, Parkir Roda 6 Rp.25.000

TIPS

- Gunakan sunblock untuk melindungi kulit,juga masker karena bau belerang nya yang menyengat.bisa bawa sendiri atau beli di lokasi.

- Sangat tidak disarankan membawa bayi ke lokasi ini. jadi jika ada anggota keluarga kamu yang membawa bayi/balita ada baiknya menunggu didalam kendaraan mobil saja karena bau belerang dari zat asam ini tidak baik untuk kesehatan.

- Hindari tawaran calo disekitar areal lahan parkir bawah disekitar pintu masuk.

2. Setu Patenggang

Tidak jauh dari kawah putih Sekitar 5 KM putarkan haluan menuju Setu patenggang, ini wisata favorit saya. Setu patenggang berbentuk kawasan danau, Di tengah danau terdapat pulau kecil disebut pulau asmara. menyebranglah ke pulau asmara , karena hanya disitu kamu dapat menemukan sebuah batu berukuran besar dengan julukan batu cinta bersama mitos nya.

Mitos batu cinta di dengungkan bahwa pasangan yang menorehkan namanya sendiri dan pasangan, maka hubungan kedua pasangan akan langgeng. ingat,yah pasangan,bukan selingkuhan apalagi simpanan ups! hahaha. berhubung saya datang dengan teman-teman wanita, jadi tidak mungkin saya menorehkan nama sendiri dengan teman saya, berhubung saya masih normal hehehe . boleh percaya atau tidak, namanya juga mitos,kan?

Untuk menyeberang bisa menyewa perahu di sisi danau. ketika saya sedang mengunjungi pulau asmara, tepat seketika turun hujan dan angin kencang, untunglah ada gubuk kecil tempat berteduh. karena gubuk ini tempat berjualan, saya tahu diri sedikit membeli barang jualan digubuk itu. digubuk ini menjual jagung bakar dan minuman teh juga kopi. saya memesan jagung bakar 4 dan kopi 4 gelas sesuai jumlah kami. plus potongan harga karena saya memesan dengan dialek lokal (indahnya diskonan hehehe).

Jujur, kenangan saat kesini adalah salah satu moment terbaik yang saya alami. bisa dibayangkan menikmati gurihnya jagung bakar dan kopi panas diantara melodi alam dengan rintikan hujan berkolaborasi hawa dingin pegunungan dan panorama indah danau dikelilingi pepohonan. mirip-mirip lagi di New zealand,deh hehehe. 

Pulau ini termasuk tidak berpenduduk. jadi pastikan kamu tidak ketinggalan dari rombongan perahu menyebrangmu. tidak lucu,kan kalau kamu seperti di film robinson crusoe yang terdampar dipulau tidak berpenghuni sendirian. berani? aku,mah bakal termehek-mehek 100 episode hehehe. 
Harga tiket masuk Wisatawan Lokal weekday RP 18.000/weekend Rp 20.500, Turis Asing weekday: 135.000/weekend Rp 185.000, Roda Dua weekday: 3.500/weekend Rp 3.500, Roda Empat weekday: 11.500/weekend Rp 11.500 ,Bis / Truk weekday: Rp 22.500/weekend Rp 22.500

TIPS:

- Rasanya belum sah jika tidak menyebrang ke pulau asmara, jadi sangat disarankan jika kesini kunjungi pulau asmara dan batu cintanya

- Waspada dengan banyaknya calo sejak kamu baru menjejakan kaki diparkiran.

- Pintar-pintarlah menawar dengan para penyewa perahu, namun kamu jangan terlalu sadis juga menawar harga. karena mereka mendapatkan mata pencahariannya dari jasa calo sewa perahu ini. kisaran harga tarif menyebrang dimulai dari Rp 30.000 - Rp 40.000, tergantung kamu menawar.

- Datanglah jangan terlalu sore, agar bisa lebih lama menikmati pemandangan disini.  

3. Tebing Keraton

Tebing keraton dikenal juga dengan julukan bukit instagram . dengan view terbaik di bibir tebing, kamu akan takjub dengan pemandangan indahnya yang identik dengan jejeran pohon pinus berada dibawahnya. tempat ini sudah di fasilitasi lebih baik, ketimbang 4 tahun lalu saat tebing keraton belum banyak di ketahui masyarakat luar kota bandung.


Cara menuju kesini: dari exit tol pasteur lurus menuju jl. Dr. Djunjunan , masuk flyover pasupati - belok kekiri menuju arah cihampelas walk - dago atas/dago pakar, jika sudah melihat TAHURA (taman hutan rakyat) yang berada di sisi kiri, lanjutkan perjalanan ke arah kanan. akan ada petunjuk jalan menuju tebing keraton. Harga Tiket Masuk WNI - Rp. 11.000 per orang, Tiket Masuk WNA Rp. 76.000 per orang, Parkir Mobil - Rp. 10.000,Parkir Sepeda - Rp. 5.000

TIPS:

- Kendaraan hanya sampai batas lahan yang ditentukan pengelola setempat. jika staminamu kuat,berjalanlah. namun jika kamu tidak cukup kuat berjalan jauh tersedia ojek lokal yang akan menawarkan mengantar.
- Harap dipastikan benar-benar sudah mematok harga sesuai kesepakatan. pengalaman saya sudah sepakat menyewa dua ojek , namun ternyata di akhir perjalanan saya di paksa membayar dua kali lipat. kemungkinan karena saya wanita berdua dengan teman saya yang juga wanita.
- Menghindari terkena getok harga, selalu bertanya terlebih dahulu untuk membeli makanan atau menyewa jasa.

4. Goa pawon

Nama goa pawon di ambil dari nama hewan penunggu goa nya, yaitu pawon yang berarti kelalawar. goa ini sangat besar dengan bebatuan stalaktit didalam nya. pemandangan sisi puncak goa pawon juga sangat indah . goa pawon memang masih jarang terdengar karena lokasinya yang cukup sulit. untuk menuju kesini, bisa di akses ke daerah citatah arah menuju masuk ke kota bandung, di sebelah kiri ada papan cukup kecil bertuliskan goa pawon. gunakan google maps atau bertanya kepada warga setempat.

Disini tersedia guide untuk menemani berkeliling, dan termasuk jasa mengambilkan foto-fotomu,loh.  bapak guide ini sangat baik dan ramah,  range tips untuk jasa guide ini seikhlasnya. tempo hari saya memberi Rp 30.000 dan bapak ini sumringah, padahal mungkin bagi sebagian kita menganggap nominal segitu adalah kecil. hitung-hitung bantu pemasukan bapak guide ini karena jarangnya turis yang datang. untuk Harga Tiket Masuk : Rp. 5.500, –

TIPS:

- Gunakan sneakers karena track cukup ekstrem dan licin bagi yang belum terbiasa.

- Mempergunakan jasa guide sangat membantu sekali mengantar ke sudut-sudut goa yang tersembunyi yang unik.

- Bawalah masker, Goa ini masih aktif dihuni kelalawar, sehingga bau kotoran kelalawarnya sangat menyengat.

- Sangat disarankan jika akan bertanya kepada warga lokal harus berhati-hati karena masih ada beberapa oknum warga yang menawarkan di antar ke lokasi , namun meminta tarif getok harga yang kurang masuk akal meski jarak sedekat apapun. jadi saran terbaik adalah kamu hanya meminta arahan jalan saja tidak perlu diantar ke lokasi. meski begitu masih banyak juga warga yang tulus membantu.

5. Stone Garden

Stone garden atau geo park , berada di daerah yang sama di citatah. ke lokasi ini tidak sesulit menuju goa pawon. stone garden areal yang sangat luas dengan hamparan bebatuan peninggalan zaman purba kala. seakan tidak percaya bebatuan berumur jutaan tahun ini terletak di Indonesia.

Pemandangannya begitu indah dengan bukit-bukit yang memanjakan mata. banyak komunitas fotografi untuk hunting spot foto disini. lokasi ini cukup aman dari jasa getok harga, jadi kamu tidak perlu khawatir. untuk Harga Tiket : pintu masuk utama Rp 3.000/orang kemudian tiket Pintu masuk melewati Goa Pawon Rp 6.000/orang.

TIPS:

- Gunakan sunblock dan topi jika kamu tidak tahan sinar matahari menyengat karena lokasi ini cukup panas tidak ada pepohonan untuk berteduh. jadi waktu terbaik untuk berkunjung datanglah pada pagi atau sore hari.

- Gunakan sepatu kets karena banyaknya bebatuan terjal.

Lokasi-lokasi wisata tersebut, beberapa waktu saya perkenalkan kepada teman-teman dari negara seberang yang sedang tinggal di Indonesia. selama ini mereka hanya mengenal kota Bali karena mereka belum diperkenalkan dan mengetahui keindahan alam lain yang banyak tersembunyi di Indonesia.  hal yang membanggakan adalah ketika mereka menjejakan kaki disana dan menyaksikan sendiri keindahan alam nya. berulang kali menyerukan: wonderfull. dimulai dari lokasi-lokasi yang saya sebutkan diatas , mereka semakin penasaran menjelajahi kota lainnya. tersemat kebanggan negara kita memiliki kekayaan destinasi alam lengkap yang hampir dimiliki setiap negara lain banggakan.

what more can I say?  other than PROUD INDONESIA!


3 Comments

  • queen - 1 week ago
    Cool!. I should try all of that's place.
  • chicki - 1 week ago
    Yes, really antimainstream
  • romi - 1 week ago
    Keren . Jadi mupeng pengen nyoba kesana next trip. Makasih info dan tipsnya. Membantu skali.