LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

5 Lokasi Yang Wajib Dikunjungi Saat Lava Tour Merapi

fendybargo

On


Hallo sobat Traveler,

Kali ini saya akan berbagi cerita pengalam liburan saya di Jogja. Iya, Jogja yang terkenal akan kota pariwisata ini memang menjadi salah satu kota destinasi yang paling sering di kunjungi di Indonesia. Terkenal memiliki keindahan alam yang mempesona, budaya yang unik serta kuliner "angkringan" yang sangat melegenda menjadikan Jogja sangat spesial di setiap sudut kotanya.

Tempat mana saja yang pernah kalian kunjungi saat liburan di Jogja?

Pantai? tak salah memang jika kita liburan di pantai, karena hampir semua garis pantai di Jogja sekarang dikelola oleh warga sekitar untuk dikembangkan menjadi salah satu wisata unggulan. Ke Candi Prambanan dan Borobudur? Malioboro? Keraton? Alun-alun? Sudah pernah semuanya.

Tapi ketika kita sudah terlalu sering ketempat itu lama-lama bisa jenuh juga. Tunggu dulu!, kali ini ada alternatif wisata lain yang pasti dijamin kita tidak akan bosan. Ya, Lava Tour Merapi merupakan pilihan wisata yang mampu membuat kita menikmati keindahan alam gunung Merapi sambil memacu adrenalin kita karena melewati lintasan offroad. Apa istimewanya? Tak dapat saya jelaskan, Jadi coba langsung saja pasti ketagihan. Dijamin deh!

Pasti kalian bertanya, ngapain aja sih disana? Jadi, kita nanti akan berkeliling gunung Merapi sambil menikmati keindahan alam dan melihat sisa-sisa erupsi di setiap lokasi pemberhentian. Ada 5 lokasi yang wajib di kunjungi saat Lava Tour Merapi, dimana saja itu?

  1. Musium Mini Sisa Hartaku

Museum ini sangat unik dan berbeda, saat berkunjung ke tempat ini kita bisa melihat barang-barang yang sudah rusak bahkan sebagian meleleh peninggalan warga sekitar akibat erupsi Merapi. Tempat ini dijadikan museum oleh warga sekitar untuk mengenang peristiwa meletusnya gunung merapi. Museum ini tidak memungut biaya, pengunjung yang datang bisa memberi uang sekedarnya di kotak sumbangan.

Di depan Museum, kita akan melihat kerangka motor yang terbakar dan kerangka sapi yang utuh. Saat masuk ke dalam, kita akan melihat sebuah jam dinding yang sudah meleleh. Jam dinding tersebut menjadi satu-satunya penunjuk waktu kapan terjadinya bencana awan panas melanda wilayah tersebut.

2. Batu Alien

Kenapa dinamakan Batu Alien ? karena, ternyata batu besar tersebut berbentuk seperti wajah manusia ada mata, hidung dan mulut sehingga disebut Batu Alien. Padahal, kenyataannya batu tersebut terlempar dari perut Merapi ke lokasi tersebut ketika terjadi erupsi dengan jarak kurang lebih 7 km. Coba kita perhatikan lagi, mirip wajah manusia bukan?

3. Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem merupakan spot favorit bagi para wisatawan karena di tempat ini apabila cuaca cerah kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah yaitu melihat puncak Merapi dengan sangat jelas. Mencari moment ini memang tidak mudah, karena biasanya sering mendung dan berkabut.

Kalau penasaran dengan isi Bunker kita bisa masuk untuk melihat kondisi didalam seperti apa tapi jangan lupa bawa senter atau alat penerangan yang lain, karena didalam gelap tanpa ada lampu. Sebagai informasi aja, Bunker Kaliadem merupakan tempat dimana ada relawan yang berlindung dan meninggal disana ketika erupsi terjadi karena ternyata Bunker tidak mampu menahan suhu panas erupsi Merapi.

4. Petilasan Rumah Mbah Marijan

Disini sobat traveler dapat melihat barang-barang peninggalan mbah Marijan yang terkena dampak erupsi Merapi atau sekedar istirahat di Pendopo khas Jawa. Buat yang ingin melihat pemandangan dari ketinggian, kita dapat naik gardu pandang yang terletak di samping petilasan Mbah Marijan.

Buat yang ingin menikmati jajanan disana juga ada warung yang dikelola oleh anak mbah Marijan. Salah satu minuman khasnya adalah Wedang Gedang yaitu minuman jahe hangat yang dicampur irisan pisang rasanya sangat pas untuk menghangatkan badan dengan kondisi yang sangat dingin di atas gunung. Jadi, silahkan coba sendiri.

5. Kali Kuning

Belum lengkap rasanya kalau kita tidak mampir ke Kali Kuning. Disini kita akan diajak bermain air sepuasnya. Mau cukup terkena cipratan air atau sampai basah kuyup akan dilayani, tinggal request ke driver Jeep aja. Jadi, beberapa Jeep akan bergantian masuk kedalam sungai dengan kecepatan yang tidak stabil sehingga menciptakan cipratan air yang sangat tinggi. Disini lokasi yang paling seru karena kita bebas teriak sekencang-kencangnya. Buat yang banyak pikiran, luapkan semua disini hahaha..

Salam dolan, Fendybargo..



0 Comments

Be the first to comment.