LOGIN TO JOURNESIA

or
CLOSE

5 Best Tourist Destinations in Indonesia

putrintandini

On

Proud Indonesia!

Let the world know! Indonesia adalah negara yang kaya akan kekayaan alam dan budaya. Indonesia termasuk negara terbesar di dunia, terdapat sekitar 17.504 pulau, 34 provinsi, 516 kabupaten/kota, 714 suku, dan 1.100 lebih bahasa lokal! Tidak heran jika banyak sekali turis asing datang ke Indonesia sebagai salah satu destinasi untuk berkunjung atau menghabiskan waktu di sini. 

Okay, dari pengalaman saya, berikut adalah 5 tempat yang harus dikunjungi di Indonesia!

1.      Gunung Bromo

    Gunung Bromo ialah gunung berapi aktif yang berada di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini terkenal sebagai objek wisata utama, tidak mengherankan kalau kamu berkunjung kesini banyak menemui turis asing. 

Detail:

Ketinggian : 2.329 m (7.641 ft)
Jenis Gunung : Stratovolcano
Lokasi : Jawa Timur (Kab. Probolinggo, Kab. Malang, Kab. Lumajang, Kab.
Pasuruan), Indonesia.
Letusan terakhir : Februari 2016.
5 Best Tourist Destinations in Indonesia-Magelang-Malang-Yogyakarta-Top Five or Top Ten-putrintandini

Sunrise in Mount Bromo

Bagi kamu yang ingin pergi kesini, saya sarankan untuk mencari penginapan di area sekitar Gunung Bromo minimal sehari sebelum mendaki. 

Kenapa?

        Untuk mendaki gunung ini tidak membutuhkan waktu yang sebentar, kurang lebih sekitar 150 menit jika menggunakan jeep, dan kamupun perlu untuk berjalan lagi sampai ke tiap-tiap pos sampai puncaknya. Waktu yang tepat untuk kesini ialah sebelum matahari terbit, berarti sekitar jam 01.30 pagi kamu harus siap. Usahakan tidur yang cukup (pada hari sebelumnya, agar kamu tidak kelelahan). 

      FYI, untuk pakaian, kenakan pakaian (kaos, baju, jaket) yang panjang dan tebal ya, jangan lupa memakai sarung tangan, penutup kepala, syal, hingga kaos kaki. Suhu di sana bisa mencapai 0°. Tentu kamu gak mau kedinginan kan di sana?

          Bagi kamu yang masih kedinginan saat di sana, jangan khawatir! Terdapat penyewaan atau penjualan jas, kok. Terakhir saya ke Bromo pada tahun 2015, saya menyewa jas panjang cukup membayar Rp 20.000 tanpa batasan waktu. Cukup terjangkau, daripada kedinginan, hehe.

Sehabis dari puncak, jangan lupa untuk main ke kaki Gunung Bromo. It is a beautiful view too! Nggak nyesel! 

5 Best Tourist Destinations in Indonesia-Magelang-Malang-Yogyakarta-Top Five or Top Ten-putrintandini

Kaki Gunung Bromo

2.         Batu Night Spectacular

     Batu Night Spectacular (BNS) merupakan sebuah objek wisata yang beroperasi pada malam hari. BNS memiliki konsep penggabungan antara pusat perbelanjaan, wahana permainan, olahraga, dan berbagai hiburan lainnya. Cocok buat kamu yang doyan main dan belanja tanpa perlu kepanasan karena cuaca! Hehe.

Detail

Lokasi : Jl. Hayam Wuruk No. 1, Oro-oro Ombo, Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia.
Buka : 15.00 - 00.00
Wahana : Night Market, Foodcourt, Lampion Garden, Bioskop 4D, Galeri Hantu,
Rumah Kaca, Gokart, Sirkuit Drag Race, Spectacular show, dll, beserta
permainan karnaval lainnya.
Tiket : (Weekday) Rp. 30.000
(Weekend/High Season) Rp. 40.000
(Terusan) Rp. 90.000
5 Best Tourist Destinations in Indonesia-Magelang-Malang-Yogyakarta-Top Five or Top Ten-putrintandini

Penunjuk arah dalam BNS

Kalau kamu mau ke tempat yang banyak spot foto menarik, ke Lampion Garden adalah pilihan yang tepat! 

3.     Pantai Lamaru

         Yap, mungkin masih terdengar asing untuk kalian.  Pantai Lamaru ialah salah satu pantai yang terkenal bagi wisatawan lokal, terkenal dengan sebutan Pantai Berpagar Cemara.

Detail

Lokasi : Jl. Mulawarman, Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia.
Tiket : Rp. 2.000/orang
Parkir : (Motor) Rp. 2.500
(Mobil, Taksi) Rp. 5.000
(Bus) Rp 15.000
Fasilitas : Warung, area parkir, toilet, dan pusat informasi.
5 Best Tourist Destinations in Indonesia-Magelang-Malang-Yogyakarta-Top Five or Top Ten-putrintandini

Lamaru Beach

           Et! Tapi tak jarang pantai yang terdapat di Balikpapan ini dikunjungi oleh turis asing lho! Pantai Lamaru selain terkenal dengan pohon cemara sepanjang pesisir, juga terkenal karena kelandaian pantai, dan pasir putih yang memenuhi pantai dengan air laut yang dangkal hingga puluhan meter. Sehingga tak heran bibir pantai Lamaru yang luas dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan bermain, mulai dari sepak bola, voli, dll. 

          Untuk kamu yang ingin pergi ke Balikpapan, jangan lupa mampir ke sini ya! Baik sekedar bersantai, bemain, dll, pantai ini bener-bener suitable buat apapun! Termasuk piknik! Great!

4.         Gereja Ayam Bukit Rhema

Bilang sama saya yang di Jogja itu gak ada artinya sama kamu! - Rangga, Ada Apa Dengan Cinta 2

              Pernah nonton AADC 2? Di mana Rangga dan Cinta melepas rindu? Penasaran dengan bangunan yang 'bentuknya seperti burung atau ayam?'. Yup, itu adalah Gereja Ayam Bukit Rhema atau biasa disebut Punthuk Setumbu.

              Gereja Ayam ini sebenarnya bukan berbentuk ayam, tetapi merpati. Dalam bentuk bangunan ini terdapat arti, di mana merpati merupakan lambang dari kedamaian.

5 Best Tourist Destinations in Indonesia-Magelang-Malang-Yogyakarta-Top Five or Top Ten-putrintandini

Gereja Ayam Bukit Rhema

Detail

Lokasi : Gombong, Kemanglimus, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
Buka : 05.00 - 17.00
Tiket : Rp. 10.000/orang

            Untuk menuju kesana, kamu harus menelusuri jalan yang tidak mulus. Memang, untuk segala sesuatunya itu harus bersabar *tsah.

           Dalam bangunan gereja tersebut, terdapat aula (ruang tengah), ruang bawah tanah, ruang atas, dan puncak. Di aula, kamu akan melihat sejarah dari pendirian bangunan ini. 

              Sedangkan di ruang bawah tanah, terdapat lorong yang disetiap sisinya adalah kamar serta terdengar alunan musik yang menenangkan. Kalian akan menemukan rumah ibadah, yang diklaim bisa dipakai untuk siapapun yang ingin beribadah.

         Di ruang atas, terdapat seni lukis yang menggambarkan kehidupan, permasalahan sosial, dan sebagainya. Terlihat sederhana, namun penuh dengan makna. Kalau kamu ingin ke puncaknya, maka kamu harus bersabar dan menunggu, sebab tidak bisa banyak orang ada di puncak (mahkota burung merpati tersebut), dikarenakan tempatnya yang sempit. 

5.         Pantai Wediombo

          Suka nge-pantai? Kamu wajib ke sini! Pantai Wediombo merupakan salah satu pantai yang berada di Yogyakarta. Belum banyak wisatawan lokal atau mancanegara yang datang ke tempat ini, sehingga Pantai Wediombo dapat disebut juga dengan Pantai Perawan.

5 Best Tourist Destinations in Indonesia-Magelang-Malang-Yogyakarta-Top Five or Top Ten-putrintandini

Pantai Wediombo

              Terlihat pantai ini memang banyak memiliki karang. Adapun bukit karang yang menjadi spot favorit para pemancing karena banyak terdapat ikan laut yang katanya beratnya bisa mencapai belasan kilogram. Pantai inipun diklaim juga memiliki lokasi surfing terbaik di Yogyakarta, lho. Wah!

Selain itu, di pantai ini terdapat kolam air tersembunyi yang kedalamannya sekitar 1.5m di mana airnya cukup tenang dan jernih, sehingga dapat dipakai untuk kamu yang suka berenang, atau hanya sekedar bermain air. Pantai inipun juga memiliki spot snorkling, di mana banyaknya terumbu karang serta ikan-ikan laut di sana yang sangat lucu dan cantik!

          Saran saya, jika kamu mau kesini. Pakailah sendal flat atau sendal jepit. Gunakan pakaian yang menyerap keringat, hindari menggunakan jeans. Jangan lupa membawa alat-alat perlengkapan kamu, seperti pakaian ganti, makanan, sesuai dengan yang kamu butuhkan. 

          Untuk harga tiket masuk ke pantai ini cukup membayar Rp. 5.000/orang. Wah! Sangat terjangkau dengan berbagai kemewahan dari pantai ini yang bisa kamu dapatkan.



1 Comments